BERITA UTAMA

Selenggarakan Pelatihan dengan AITI - BAI Korea, BPK Tingkatkan Kualitas Sistem Penjaminan Mutu Pemeriksaan

17 Oktober 2018

Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, memberikan sambutan pembukaan pada acara Single Country Training on Public Audit Capacity Building Program yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan (16/10). Kegiatan pelatihan ini merupakan implementasi kerja sama bilateral antara BPK dan Board of Audit and Inspection of Republic Korea (BAI) yang didanai oleh Korean International Cooperation Agency (KOICA). Acara pelatihan tersebut secara resmi dibuka oleh Presiden Audit and Inspection Training Institute (AITI), Mr. Namgung Ki-Jeong dengan didampingi pejabat AITI lainnya.

Program Single Country Training yang dilaksanakan pada 15 s.d 27 Oktober 2018 ini diikuti oleh 15 orang pegawai BPK, dan mengambil tema tentang Penjaminan Mutu Pemeriksaan. Pihak penyelenggara, yaitu AITI dan BAI telah menyusun materi kurikulum untuk diberikan selama pelatihan, meliputi sistem audit di Korea, pengawasan internal, dan penerapan quality control oleh BAI. Di akhir masa pelatihan, para peserta juga diwajibkan untuk membuat action plan sesuai kebutuhan organisasi, terutama di bidang Penjaminan Mutu Pemeriksaan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kemajuan organisasi.

Di sela-sela sambutannya, Anggota II BPK memberikan apresiasi kepada AITI dan BAI atas kesempatan yang diberikan kepada pegawai BPK untuk mengikuti Single Country Training Program tahun ketiga. Diharapkan melalui kegiatan ini, peserta pelatihan akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari BAI dalam pengembangan Audit Quality Assurance di BPK.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota II BPK juga memberikan lecture terkait Audit Quality Assurance Practice di Indonesia kepada para peserta pelatihan, pengajar dari BAI dan management AITI. Dalam paparannya, beliau menyampaikan pentingnya penerapan Audit Quality Assurance dalam mempromosikan efisiensi, akuntabilitas, efektivitas, dan transparansi administrasi publik yang kondusif untuk pencapaian tujuan dan prioritas pembangunan nasional melalui penerapan BPK’s Line of Defence.

Pada kunjungan kali ini, Anggota II BPK juga di agendakan untuk melakukan diskusi bilateral dengan Presiden AITI guna membahas rencana kerja sama kedua SAI di masa yang akan datang khususnya dalam bidang pengembangan kapasitas SDM melalui pelaksanaan program pelatihan.