BERITA UTAMA

Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan

Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Azis hadir sebagai saksi dalam acara Penandatanganan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (16/10) di Makassar. Sertijab Kepala Perwakilan dari Widiyatmantoro kepada Wahyu Priyono tersebut dilaksanakan di Auditorium Kantor Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan.

Didampingi Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) VI, Dori Santosa, Anggota VI BPK mengungkapkan bahwa pada tahun 2009 daerah yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) baru mencapai 3% dan sekarang telah mencapai 76%. Sedangkan Pemerintah Pusat pada tahun 2009 yang memperoleh WTP sebanyak 57% dan sekarang telah mencapai 91%. Hal ini menunjukan kesadaran pejabat-pejabat daerah di Indonesia terutama semenjak era reformasi sudah jauh lebih baik.

“Saya harap seluruh pemerintah daerah tidak puas diri dengan opini yang sudah diperoleh. Keberhasilan mengelola keuangan daerah tidak hanya dilihat dari perolehan opini WTP. Tapi lebih dari itu, pengelolaan keuangan negara harus sesuai mandat Undang-undang Dasar 1945 yakni dikelola untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat” tegas Anggota VI BPK.

Jika perolehan opini Provinsi Sulawesi Selatan disandingkan dengan data Empat Indikator Kesejahteraan Provinsi Sulawesi Selatan dari tahun 2015-2017 dari Biro Pusat Statistik, menunjukan bahwa meski selama tiga tahun berturut-turut Provinsi Sulawesi Selatan berhasil mencapai opini WTP namun dari empat indikator kesejahteraan, masih ada dua indikator yang selama tiga tahun berturut-turut selalu lebih rendah dari nasional. Ini dilihat dari perolehan gini ratio yang selalu lebih tinggi dari nasional dan indeks pembangunan manusia (IPM) nya lebih rendah dari nasional. Sementara untuk prosentase kemiskinan dan tingkat pengangguran terbuka (TPT) nya berhasil lebih baik dari nasional, kecuali di tahun 2017.

Acara Sertijab ini juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Amir Uskara, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Ajiep Padindang, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Roem, para Bupati/Walikota se-Provinsi Sulawesi Selatan, para Ketua DPRD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sulawesi Selatan, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulawesi Selatan, para Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan serta para tamu undangan lainnya.

Bagikan konten ini: