BERITA UTAMA

Tingkatkan SDM Pemeriksa, BPK Tanda Tangani MoU dengan GAB Arab Saudi

JAKARTA, Humas BPK – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Lembaga Pemeriksa Arab Saudi (General Auditing Bureau of the Kingdom of Saudi Arabia) sepakat mempererat kerja sama dan meningkatkan kapasitas pemeriksaan sektor publik.

Kerja sama ini diimplementasikan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna dan Presiden GAB Arab Saudi Hussam Alangari di Kantor Pusat BPK, di Jakarta, pada Kamis (5/12/2019).

Kerja sama yang disepakati meliputi bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program pelatihan bagi pemeriksa, penyelenggaraan seminar bilateral dan pertukaran pengetahuan di bidang pemeriksaan atas perbankan syariah, pengelolaan minyak dan gas serta pengelolaan haji.

Penandatangan MoU ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono dan Anggota IV BPK Isma Yatun, serta disaksikan oleh Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif dan para delegasi dari GAB Arab Saudi.

Tujuan penandatanganan MoU ini adalah untuk memberikan, memperkuat, mendorong dan mengembangkan kerangka kerja sama dan interaksi yang efisien antara kedua institusi di bidang pemeriksaan sektor publik dalam kerangka kerja Organisasi Lembaga Pemeriksa Keuangan sedunia (The International Organization of Supreme Audit Inistitutions/INTOSAI), Organisasi Lembaga Pemeriksa Keuangan se-Asia (Asian Organization of Supreme Audit Institutions/ASOSAI), dan organisasi regional lainnya, dimana keduanya merupakan anggota.

Melalui MoU tersebut, kedua lembaga pemeriksa dapat saling mendukung dan meningkatkan kerja sama secara proaktif dalam berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman, sehingga dapat memperkuat transparansi dan akuntabilitas, khususnya dalam sektor publik, serta mendorong tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di kedua negara.

Kerja sama kedua institusi tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara BPK dan GAB Arab Saudi yang dilaksanakan di Riyadh pada Juli 2019. Sebelumnya, Agus Joko Pramono, juga melakukan scoping mission pada Oktober 2018. Sebagai tindak lanjut, kedua institusi akan melaksanakan knowledge sharing dalam area-area yang disepakati. GAB mengundang pemeriksa BPK untuk melaksanakan pelatihan bersama di Arab Saudi.

Bagikan konten ini: