BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Membuka Pertemuan Komite ASEANSAI

06 Desember 2018

ASEAN Supreme Audit Institutions (ASEANSAI) menggelar ASEANSAI Annual Meeting on Monitoring and Evaluation di Jakarta, Selasa (4/12/2018). Pertemuan yang digelar selama empat hari tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan ASEANSAI pada tahun 2018. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan ASEANSAI tersebut, maka akan disusun arah kegiatan ASEANSAI tahun 2019.

Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Bahrullah Akbar membuka secara resmi pertemuan yang dihadiri oleh para Ketua Komite ASEANSAI tersebut. Ketua Komite ASEANSAI yang hadir yaitu Supreme Audit Institution (SAI) Vietnam (Ketua Strategic Plan), SAI Filipina (Ketua Training Committee), SAI Laos (Executive Committee), dan SAI Malaysia (Ketua Knowledge Sharing Committee), serta BPK (Sekretariat ASEANSAI).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK menyampaikan, bahwa ASEANSAI sebagai organisasi yang sedang berkembang perlu memperkuat manajemen organisasinya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan ASEANSAI untuk memastikan penyelarasan kegiatan tersebut dengan ASEANSAI goals.

Dengan menerapkan sistem monitoring dan evaluasi tersebut, diharapkan setiap komite ASEANSAI dapat mengukur pencapaian kinerjanya sekaligus mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan.