BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Mewakili ASEANSAI pada IRCP 2nd Meeting di Cape Town Afrika Selatan

Sebagai Sekretariat ASEANSAI, BPK diundang menghadiri 2nd Meeting of INTOSAI and INTOSAI Regions’ Coordination Platform (IRCP) di Cape Town, Afrika Selatan pada 21 – 23 Mei 2019. Kegiatan ini merupakan forum koordinasi antara INTOSAI dan organisasi Supreme Audit Institutions (SAI) tingkat regional untuk lebih memantapkan sinergi.

Pertemuan yang dihadiri 54 peserta dari delapan region dan INTOSAI bodies ini dibuka oleh Kimi Makwetu, Auditor-General of South Africa sekaligus Ketua INTOSAI Capacity Building Committee. Delegasi BPK dipimpin Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar didampingi Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Wahyudi. Delegasi BPK turut berkontribusi menyampaikan pandangan terkini terkait implementasi ISSAI, SAI PMF dan praktek Quality Assurance pada organisasi SAI regional yang nantinya akan menjadi masukan untuk perbaikan program INTOSAI berikutnya.

Dalam kesempatan yang sama, delegasi BPK mengadakan pertemuan bilateral dengan Einar Gorrissen Director General dan Archana Shirsat Deputy Director General INTOSAI Development Initiative (IDI). Pertemuan ini membahas progres pelaksanaan IDI - ASEANSAI Cooperative Financial Audit Program 2018 – 2019 dan berdiskusi terkait kemungkinan membuka kerja sama di area lain.

Dalam pertemuan ini disepakati juga kerjasama IDI - BPK untuk dukungan IDI dalam pengembangan kapasitas BPK di bidang implementasi International Standards of Supreme Audit Institutions (ISSAI), Auditing the implementation of SDGs; SAI PMF; blended learning solutions (kombinasi e-learning dan pertemuan tatap muka) dan pengembangan kapasitas Sekretariat ASEANSAI. Sebaliknya BPK akan berkontribusi kepada IDI melalui penyediaan fasilitas pelatihan dan kegiatan pengembangan kapasitas lainnya di kawasan Asia Tenggara terkait SAI profesionalisation. IDI akan menyediakan SME, keahlian teknis, panduan dan materi pelatihan.

Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kapasitas auditor dan kemampuan organisasi BPK sesuai best practices internasional di masa mendatang.

Bagikan konten ini: