BERITA UTAMA

Anggota BPK Terima Satyalancana Wira Karya dan Serahkan LHP Kinerja di Kemendagri

JAKARTA, Humas BPK - Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V, Bahrullah Akbar mendapat Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri. Tanda Kehormatan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja Gedung C, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pada Kamis (4/3).

Dalam Sambutannya, Anggota V BPK mengungkapkan rasa syukur atas pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya saat ini. Menurutnya pemberiaan anugerah tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri atas capaiannya selama menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Saya merasa bersyukur sebagai pegawai negeri pada tahun ini telah genap mengabdi selama 35 tahun. Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya merupakan suatu hal yang dinantikan bagi para Pegawai Negeri, Penganugerahan ini tentunya membawa dampak kepada diri saya," ungkap Anggota V BPK.

Lebih lanjut, Anggota BPK juga mengungkapkan bahwa penganugerahan ini merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah atas jasa-jasa serta dharmabakti kepada bangsa dan negara yang telah kita lakukan selama menjadi pegawai negeri.

Usai penyerahan tanda satyalanca wira karya, dalam kesempatan yang sama, Anggota V BPK juga menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja dan LHP Dengan Tujuan Tertentu BPK Tahun 2020 pada Kementerian Dalam Negeri.

Anggota V BPK memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Menteri dalam Negeri beserta jajarannya atas kerja sama dan sinerginya selama proses pemeriksaan.

"Saya berikan apresiasi yang setinggi-tingginya disertai ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama, koordinasi, dan sinergi yang telah terjalin selama ini, terutama di dalam membantu para pemeriksa dalam proses pemeriksaan," ungkap Anggota V BPK.

Lebih lanjut, Anggota V BPK mengungkapkan bahwa pada Semester II 2020, BPK menyerahkan sebanyak 4 (empat) LHP kepada Kemendagri. LHP tersebut yaitu tiga LHP Kinerja dan satu LHP Kepatuhan.

Adapun LHP Kinerja yang diserahkan antara lain LHP Kinerja atas Efektivitas Peran Kemendagri dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Tahun 2020 dan LHP Kinerja yang telah dilakukan BPK atas Efektivitas Pengelolaan IPDN Tahun 2018 sampai dengan Semester I 2020.

Selain itu, diserahkan pula LHP Kinerja atas Efektivitas Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE) Tahun 2019 dan Semester I 2020, serta LHP Kepatuhan atas pengelolaan dan pertanggungjawaban Belanja Barang dan Belanja Modal TA 2020.

Dalam LHP tersebut, BPK menemukan permasalahan yang perlu mendapat perhatian, di antaranya masih adanya temuan berulang, kemahalan harga, serta kekurangan volume pekerja. Oleh karena itu, Anggota BPK berharap seluruh jajaran Kemendagri untuk segera membenahi permasalahan-permasalahan tersebut, sehingga temuan-temuan tersebut tidak lagi menjadi permasalahan dikemudian hari.

Turut hadir pada kesempatan ini Auditor Utama Keuangan Negara V BPK, Achsanul Khaq beserta para pelaksana di lingkungan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) V dan para pejabat pelaksana di lingkungan Kemendagri.

Bagikan konten ini: