BERITA UTAMA

Anggota III BPK Lakukan Kunjungan Kerja ke Badan Informasi Geospasial

BOGOR, Humas BPK - Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III (Anggota III BPK), Achsanul Qosasi melakukan kunjungan kerja ke kantor Badan Informasi Geospasial (BIG) di Bogor, pada Senin (21/06).

Dalam kunjungannya, Anggota III BPK didampingi oleh Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) III BPK Bambang Pamungkas beserta pemeriksa di lingkungan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) III.

Selain dalam rangka silaturahmi, Anggota BPK mengatakan kunjungan kerjanya tersebut juga bertujuan untuk menyamakan mindset antara BIG dan BPK. Dengan kunker ini BPK dapat memahami lebih dalam tata kelola di BIG, sementara itu BIG juga dapat memahami tugas dan wewenang BPK sebagai pemeriksa eksternal.

"Entitas (Auditee) dan Pemeriksa (Auditor) harus sama-sama memahami peran dan fungsinya, tapi jangan sekali-kali mempengaruhi tim pemeriksa dengan cara yang negatif, profesional saja," ungkapnya pada kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala BIG Muh. Aris Marfai.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota III menyampaikan beberapa hal mengenai kinerja BIG, khususnya dalam pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Achsanul mengatakan, predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK kepada laporan keuangan BIG merupakan hak dari BIG.

Sebab, menurut Anggota BPK opini merupakan penyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. Namun demikian, apabila ada tindakan pidana maka BPK akan menyampaikannya kepada Aparat Penegak Hukum (APH).

"Kami bukan lembaga yang mencari salah, akan tetapi kami mengkonfirmasi kebenaran bahwa apa yang sudah BIG lakukan itu benar," jelas Anggota III BPK.

BIG merupakan lembaga negara yang mengetahui detail pemetaan nasional. Anggota BPK menyebutkan, informasi atau data pemetaan yang dihasilkan oleh BIG tidak boleh dibisniskan. Hal tersebut, dikarenakan BIG bukan merupakan Badan Layanan Umum (BLU) dan BIG harus melayani kepentingan negara.

Menutup kunjungan kerja tersebut, Anggota III BPK dan Kepala BIG didampingi oleh Sekretaris Utama BIG Muhtadi Ganda Sutrisna beserta pejabat struktural dan fungsional di lingkungan BIG untuk meninjau sarana dan prasarana di lingkungan kantor BIG.

Bagikan konten ini: