BERITA UTAMA

BPK Berbagi Pengalaman Audit Cost Recovery

26 Agustus 2019

JAKARTA, Humas BPK – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berbagi pengalaman di bidang pemeriksaan pengembalian biaya operasi atau dikenal audit cost recovery pada sektor minyak dan gas hulu kepada delegasi dari Office of the Auditor General (OAG) of Kenya atau badan pemeriksa keuangan Kenya.

Delegasi OAG Kenya yang dipimpin oleh Deputy Auditor General OAG Kenya, David Mwangi Njoka, diterima langsung oleh Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar dan Anggota III BPK sebagai Koordinator Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) VII Achsanul Qosasi.

Tahun 2016 lalu, BPK mempresentasikan pengalamannya dalam melakukan audit cost recovery pada pertemuan Kelompok Kerja Industri Ekstraktif (Working Group on Extractive Industries) di Mombassa, Kenya. Auditor General OAG Kenya, Edward Ouko, yang mendengarkan presentasi tersebut merasa tertarik, sehingga tahun ini mengirimkan timnya untuk belajar lebih dalam selama empat hari di BPK.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 27 s.d. 30 Agustus 2019 ini dikemas dalam bentuk diskusi kelas di Badan Pendidikan dan Pelatihat Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN), di Kalibata, Jakarta, dan kunjungan ke lapangan sumur pengeboran PT Pertamina di Cirebon.

Pengalaman audit cost recovery yang didiskusikan dalam kelas seperti: perencanaan, pemeriksaan di lapangan, penyusunan temuan audit, hingga tahap pelaporan.

Sementara itu kegiatan kunjungan ke sumur pengeboran bertujuan untuk menyaksikan langsung aspek kesehatan dan keselamatan kerja di lapangan, yang dipandu oleh narasumber dari Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan PT Pertamina.

Dengan kunjungan ini BPK diharapkan dapat menjadi referensi internasional dalam melakukan audit topik tertentu, tidak hanya terbatas pada audit cost recovery, namun juga topik-topik lainnya.