BERITA UTAMA

BPK Berpartisipasi Pada Working Level Meeting of ASOSAI WGEA

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) berpartisipasi pada pertemuan Asian Organization of Supreme Audit Institutions Working Group on Environmental Auditing (ASOSAI WGEA) yang dilaksanakan secara virtual, pada Senin (7 September 2020). Pertemuan ini diikuti oleh 53 peserta dari 16 Supreme Audit Institutions (SAI) anggota ASOSAI WGEA. Dalam pertemuan ini, delegasi BPK diwakili oleh Tim Pemeriksa dari Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) IV, Pitriyanti dan Normas Andi Ahmad, serta Tim dari Bagian Kerja Sama Internasional.

SAI RRT sebagai Ketua ASOSAI WGEA membuka pertemuan dan memaparkan agenda pertemuan yang terdiri atas diskusi atas ASOSAI WGEA Work Plan 2020-2022, the Green Vision Awards, progress atas project-project ASOSAI WGEA, dan rencana-rencana ASOSAI WGEA untuk menyelenggarakan training on environmental audit dan seminar.

BPK secara aktif berpartisipasi pada ASOSAI WGEA dengan mengirimkan paper yang berjudul 'Performance Audit on Citarum Watershed Management and Pollution Control Activities: A green Vision of BPK for Environmental Protection and Ecological Conservation' untuk mengikuti the Green Vision Awards of ASOSAI WGEA. Selain itu, BPK menjadi project member atas Cooperative Audit on Sustainable Transport dan Research Project on Climate Change.

Pada sesi diskusi, delegasi dari BPK dan delegasi dari SAI Filipina mengingatkan bahwa research projecton climate change yang diusulkan oleh SAI Thailand saat ini juga merupakan project dari International Organization of Supreme Audit Institutions Working Group on Environmental Auditing (INTOSAI WGEA). Untuk menghindari pengulangan, redundancy and overlapping, ASOSAI WGEA dapat memilih topik-topik lainnya. Lebih jauh, delegasi dari BPK juga mengusulkan untuk mengundang Subject Matter Experts (SME) pada kick-off meeting pembahasan research tersebut untuk memberikan masukan dan saran sehingga selama perencanaan dan pelaksanaan research project menjadi lebih baik.

Dengan berpartisipasi aktif pada ASOSAI WGEA, BPK dapat semakin dikenal dalam komunitas internasional sekaligus mengambil manfaat dan pengetahuan terkait dengan pemeriksaan lingkungan.

Bagikan konten ini: