BERITA UTAMA

BPK Berperan Sebagai Rappertour Diskusi Tema I XXIV INCOSAI 2022 tentang the Role of SAI in Emergency Situations

HUMAS BPK - The XXIV INCOSAI 2022 Brazil mengusung dua tema diskusi yaitu tema 1 terkait The Role of Supreme Audit Institutions (SAI) in Emergency Situations dan tema 2 terkait global voice, global outcome, far-reaching impact. Kedua tema tersebut dibahas dalam diskusi bersama yang dilanjutkan dengan diskusi dalam kelompok. Diskusi tersebut bertujuan untuk memperkaya isu substansi yang diangkat dalam kedua tema.

BPK dipercaya untuk menjadi rappertur dalam diskusi kelompok tema I bersama dengan SAI Australia sebagai moderator. Sebagai reppertur, Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, menyampaikan hasil diskusi kelompok I dalam sesi plenary bersama dengan rappertur dari kelompok lain yaitu SAI UAE, Peru, UAE, dan Brazil, Jumat (11/11).

Dalam laporannya, Wakil Ketua BPK menyampaikan simpulan diskusi terkait peran SAI dalam melakukan audit atas kesiapan pemerintah dalam menilai dan mengelola risiko, serta bagaimana SAI menentukan bahwa upaya yang dilakukan pemerintah terutama terkait penggunaan anggaran sudah tepat dan sesuai dengan kondisi tanggap darurat.

Lebih lanjut, poin yang disampaikan mencakup upaya INTOSAI dalam menyediakan training atau metodologi audit dan bagaimana INTOSAI dan SAI meningkatkan ketangguhan dan kapasitasnya untuk agar tugas tetap berjalan di tengah situasi tanggap darurat.

Hasil diskusi tersebut menjadi referensi dalam penyusunan Rio Declaration yang merupakan output dari XXIV INCOSAI Congress, Brazil, 2022.

Bagikan konten ini: