BERITA UTAMA

BPK dan ACFE Indonesia Chapter Selenggarakan Seminar Online

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyelenggarakan seminar dengan tema "Kawal Bersama Akuntabilitas Negeri melalui Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi" di Kantor Pusat BPK, Senin (22/6). Seminar yang dilaksanakan secara online tersebut terselenggara atas kerja sama antara BPK dan Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) Indonesia Chapter.

Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono yang membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan, tema seminar ini sejalan dengan tema Akuntabilitas untuk Semua (Accountability for All) yang bertujuan untuk memperluas makna akuntabilitas.

"Akuntabilitas untuk Semua (Accountability for All), merupakan tema besar yang ditentukan oleh Pimpinan BPK untuk diusung dalam berbagai kegiatan BPK yang ditujukan guna memperluas makna akuntabilitas menjadi nilai dan budaya yang ditumbuhkembangkan dalam sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," jelasnya.

Wakil Ketua BPK berharap sharing pengalaman dari para panelis dapat membantu peserta seminar untuk memberikan kontribusi terbaik dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi dalam mengawal akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Oleh karena itu, Agus Joko Pramono menyampaikan apresiasinya atas dilaksanakannya seminar online di BPK yang bekerja sama dengan ACFE Indonesia Chapter tersebut.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam bentuk ceramah fisik terbatas dan diskusi secara online menggunakan metode konferensi video ini diikuti oleh lebih kurang 900 orang yang terdiri dari 700 pelaksana BPK dan 200 anggota ACFE Indonesia Chapter. Turut hadir dalam seminar ini di antaranya President ACFE Indonesia Chapter Gatot Trihargo, Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif, serta Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan BPK.

Seminar ini bertujuan untuk memperkuat hubungan kerja sama BPK dengan para Fraud Examiners terkait pendalaman implementasi akuntabilitas dalam upaya pencegahan korupsi. Hadir sebagai narasumber, yakni Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, Auditor Utama Investigasi BPK, I Nyoman Wara, Komisaris Utama PT PLN (Persero), Amien Sunaryadi, dan Director of Training ACFE Indonesia Chapter, Budi Santoso. Bertindak sebagai moderator dalam kegiatan ini Director of Organizational Development ACFE Indonesia Chapter, Maliki Heru Santosa.

Pada kesempatan tersebut, selain seminar juga dilaksanakan penganugerahan Distinguished Achievement Award dari ACFE Global kepada Wakil Ketua BPK. Penganugerahan ini diberikan atas dedikasi dan jasa Wakil Ketua BPK dalam upaya pencegahan serta pendeteksian fraud di Indonesia.

Bagikan konten ini: