BERITA UTAMA

BPK dan CNAO Gelar Seminar Bilateral Penggunaan Big Data Analytics dalam Pemeriksaan

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan The National Audit Office of China (CNAO) menggelar seminar bilateral yang diselenggarakan secara virtual, pada Selasa (17/11/2020). Seminar bilateral yang mengambil topik Using Big Data to support the audit related to Covid-19 Pandemic dan Success stories and Challenges as United Nations External Auditor ini, dilasanakan sebagai implementasi kerja sama bilateral antara kedua institusi yang telah berlangsung sejak tahun 2009.

Hadir dalam seminar ini dari BPK Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara, Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi dan Pengembangan, Biro Teknologi Informasi dan Biro Hubungan Masyarakat dan Kerjasama Internasiona. Disamping itu hadir pula para auditor IACA, IMO dan IAEA serta Tim Analisa Data dan Informasi Kelompok Kerja Pemeriksaan Covid 19.

Dalam sambutannya Wakil Ketua BPK menyampaikan terima kasih kepada CNAO atas fasilitasi yang diberikan sebagai tuan rumah penyelenggaraan seminar bilateral serta atas komitmen yang tinggi sebagai mitra BPK dalam pengembangan organisasi baik dalam peningkatan kualitas pemeriksaan maupun peningkatan kontribusi SAI dalam organisasi internasional.

Delegasi CNAO sebagai tuan rumah dalam seminar ini dipimpin oleh Deputy Auditor General CNAO, QIN Boyong yang didampingi oleh Director General of Social Security Audit, CNAO, WEN Huayi, dan Director General, Department of International Cooperation, JIANG Haiying serta para pejabat dari Department of International Cooperation.

Sementara itu, Deputy Auditor General CNAO yang membuka seminar ini secara resmi, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin dengan BPK dan manfaat yang dirasakan kedua institusi. Dalam seminar ini, CNAO akan berbagi pengalaman pemeriksaan covid 19 yang telah dilaksanakan serta pengalaman CNAO yang saat ini menjadi anggota UN Board of Auditor.

Pada sesi pertama mengenai Using Big Data to support the audit related to Covid-19 Pandemic masing-masing delegasi memaparkan pengalaman dan metode yang digunakan dalam bidang tersebut, termasuk tantangan dan alternatif pemecahan masalah sebagai pembelajaran kedua institusi. Pemapar dalam sesi ini adalah Director General Department of Social Security Audit CNAO, WEN Huayi, dan Kepala Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi dan Perngembangan Pemeriksaan Keuangan Negara BPK, Bernardus Dwita Pradana.

Selanjutnya pada sesi kedua, kedua institusi berbagi mengenai Success stories and Challenges as UN External Auditor. Pada sesi kedua, paparan dari BPK disampaikan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional, Selvia Vivi Devianti sedangkan dari CNAO disampaikan oleh Deputy Director General, Department of Foreign-related Audit CNAO, LIANG Jing. BPK berbagi mengenai pengalaman memeriksa beberapa badan PBB sementara itu CNAO juga berbagi mengenai pengalaman menjadi United Nation Board of Auditor.

Melalui seminar bilateral ini diharapkan kedua lembaga pemeriksa mendapatkan wawasan dan masukan yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan, memaksimalkan kontribusi kedua SAI dalam organisasi internasional dan memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan kerjasama yang telah terjalin dengan baik dimasa yang akan datang seperti motto The International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI) "Experentia Mutua Omnibus Prodest", Mutual Experience Benefits All.

Bagikan konten ini: