BERITA UTAMA

BPK Fasilitasi Pertemuan ASEANSAI Membahas Isu Tentang Kapasitas Legal ASEANSAI

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selaku Sekretariat Asosiasi Lembaga Pemeriksa Negara-negara ASEAN (ASEANSAI) memfasilitasi pelaksanaan technical meeting Untuk mempersiapkan pembentukan Gugus Tugas (Task Force) on ASEANSAI Legal Capacity (TFALC,) yang dilaksanakan secara virtual dengan diikuti oleh 15 peserta sebagai perwakilan dari Executive Committee, Ketua Komite, dan Sekretariat ASEANSAI, pada Selasa, 26 Agustus 2020.

Pertemuan dibuka dan dipimpin oleh Director of International Relations, Research, & Quality Assurance Review Division of SAI Malaysia Sayed Alwee Hussnie Sayed Hussin sebagai perwakilan Ketua ASEANSAI.

Secara umum pertemuan ini membahas masukan untuk Term of Reference (TOR) pendirian Task Force on ASEANSAI Legal Capacity (TFALC), kerangka studi analisis kapasitas hukum ASEANSAI, pemilihan Ketua TFALC, serta isu-isu lain terkait TFALC. Pembentukan TFALC ini adalah hasil kesepakatan seluruh anggota ASEANSAI dalam The 5th ASEANSAI Summit tahun 2019 terkait isu kapasitas hukum ASEANSAI dalam menjalin perikatan dengan pihak luar (donor).

Sebagai Sekretariat ASEANSAI, Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional Selvia Vivi Devianti memberikan presentasi terkait Term of Reference (TOR) pembentukan Task Force dan usulan outline study yang akan digarap oleh Task Force tersebut.

Pertemuan berjalan dengan lancar dan menghasilkan kesepakatan berupa penyesuaian TOR dan Outline Study TFALC, diusulkannya BPK sebagai Ketua TFALC, serta poin persiapan untuk pertemuan Task Force mendatang di tanggal 8 September 2020. Hasil pertemuan tingkat teknis ini akan dibahas secara high level pada Task Force Meeting tanggal 8 September 2020.

ASEANSAI yang berdiri sejak tahun 2011 telah tumbuh menjadi organisasi regional yang profesional, independen, serta non-politis. Fokus dari ASEANSAI menitikberatkan pada peningkatan kapasitas para anggota dengan berbagi ilmu pengetahuan. Oleh karena itu seiring dengan perkembangan organisasi, ASEANSAI menjalin kerjasama dengan pihak eksternal untuk mendukung peningkatan kapasitas para anggotanya.

Bagikan konten ini: