BERITA UTAMA

BPK Gelar Workshop Persiapan Pemeriksaan Kinerja Terinci LFAR

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar Workshop Persiapan Pemeriksaan Kinerja Terinci Long Form Audit Report (LFAR) Tahun 2021 di lingkungan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) V BPK, pada Kamis (18/03/2021). Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut dibuka oleh Anggota V BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V, Bahrullah Akbar.

Dalam sambutannya, Anggota V BPK mengatakan Rencana Strategis (Renstra) BPK Tahun 2020 - 2024 menjadikan BPK sebagai lembaga yang tepercaya yang berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara serta berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuannya.

"Yang kita bangun ini adalah terkait Renstra dan tentu terkait dengan International Standards of Supreme Audit Institutions (ISSAI) 12 tentang nilai tambah laporan dan fungsi BPK, sehingga membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik, itu kata kunci kenapa kita harus melakukan Long Form Audit Report (LFAR)," jelasnya.

Di samping itu, Anggota V menyebutkan bahwa Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP LKPD) yang dikerjakan sudah mencapai (85%) dari total 542 Provinsi, Kabupaten, dan Kota di Indonesia. Dengan demikian, kerja keras auditor BPK telah membuahkan hasil sejak tahun 2006, yaitu best practice di dalam pelaksanaan pertanggungjawaban keuangan daerah melalui penyusunan neraca LKPD telah mencapai titik tertentu, yaitu pemberian opini laporan keuangan dengan wajar tanpa pengecualian.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini yang diharapkan adalah bagaimana LHP disajikan lebih ringkas, akurat, dan objektif serta meyakinkan apa yang kita lihat itu betul sepintas tentang keberhasilan suatu kinerja di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda).

"Saya harap workshop ini benar-benar dapat dimanfaatkan sebagai forum diskusi untuk saling bertukar pikiran di antara para peserta dan terus mengeksplorasi pemikiran" ungkap Bahrullah.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota V juga menekankan agar semua pemeriksa menjunjung tinggi nilai dasar BPK, yaitu integritas, independesi, dan profesionalisme, sehingga apa yang dikerjakan sesuai dengan Professional Judgement.

Hadir dalam kegiatan workshop ini Auditor Utama Keuangan Negara V BPK, Akhsanul Khaq beserta seluruh Kepala Perwakilan pada BPK Perwakilan wilayah barat dan para pelaksana di lingkungan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) V sebagai peserta workshop.

Bagikan konten ini: