BERITA UTAMA

BPK Laksanakan Exit Meeting Pemeriksaan atas Laporan Keuangan IAEA

JAKARTA, Humas BPK - Sebagai bagian dari rangkaian penugasan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai Pemeriksa Eksternal International Atomic energy Agency (IAEA) periode 2020-2021, Tim Pemeriksa BPK telah melaksanakan pemeriksaan on-site secara virtual mulai tanggal 15 Februari 2021. Menandai berakhirnya pemeriksaan on-site secara virtual tersebut, Tim Pemeriksa melaksanakan exit meeting secara virtual pada Kamis (4/3/2021).

Dari pihak BPK, Exit meeting ini dihadiri oleh R. Yudi Ramdan Budiman, selaku Wakil Penanggung Jawab, Cipto Nugroho selaku Pengendali Teknis, Uthar Mukthadir selaku Ketua Tim, serta M. Hammam, M. Meydiansyah Ahsari, Muh Wiraka Azema Albar, Fitria Nur Andini, dan Randite Herawan selaku Anggota Tim. Sedangkan dari pihak IAEA, pertemuan ini dihadiri oleh Acting DG and Head of the Department of Management Tristan Bauswein, , Head of Accounts Payable Section John Siaw, Head of Contributions Maria Cristina Sarmiento, General Accounting Staff Mary Ann Sevilla, dan Rita Hayek-Khamis sebagai The Team Assistant.

Disampaikan bahwa seperti pada pemeriksaan keuangan pada umumnya, tujuan pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan (LK) IAEA adalah untuk memperoleh keyakinan yang memadai apakah laporan keuangan secara keseluruhan telah bebas dari salah saji, baik yang disebabkan oleh fraud ataupun kesalahan dan memberikan opini apakah laporan keuangan yang disajikan telah sesuai dengan kerangka pelaporan keuangan yang berlaku. Dalam exit meeting ini, Yudi Ramdan menjelaskan secara singkat beberapa temuan pemeriksaan pada LK IAEA TA 2020 dan juga beberapa isu Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang terkait keuangan.

Selain itu, dalam Exit Meeting ini, Yudi Ramdan juga menyatakan bahwa dalam dua minggu ke depan, Tim Pemeriksa BPK akan melaksanakan pemeriksaan keuangan atas LK tiga entitas dibawah IAEA, yaitu Commissary, Seiberdorf Cafeteria, dan Staff Assistance Fund. Selain itu, Tim juga akan segera menyelesaikan LHP final.

Dalam sambutannya, Tristan Bauswein mengapresiasi kerja Tim Pemeriksa BPK dan menerima temuan BPK walaupun ada beberapa hal yang memerlukan diskusi lebih lanjut. Tristan Bauswein memberikan penghargaannya karena pemeriksaan telah berjalan dengan baik meskipun pemeriksaan dilaksanakan secara remote karena pandemi Covid-19.

Menutup pertemuan ini, Yudi Ramdan dan tim mengucapkan juga terima kasih atas kerja keras yang telah dilaksanakan oleh tim dan juga tim pendamping dari IAEA.

Bagikan konten ini: