BERITA UTAMA

BPK Laksanakan Exit Meeting Pemeriksaan atas Laporan Keuangan IMO Tahun Anggaran 2020

JAKARTA, Humas BPK - Sekretaris Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan (Sekjen BPK), Bahtiar Arif, yang juga berperan sebagai Penanggung Jawab Tim Pemeriksa Eksternal Organisasi Maritim Internasional atau International Maritime Organization (IMO), memimpin Exit Meeting Pemeriksaan atas Laporan Keuangan IMO Tahun Anggaran 2020, pada Rabu (31/3/2021).

Pada pertemuan yang dilaksanakan secara virtual tersebut, Sekjen BPK didampingi oleh R. Yudi Ramdan Budiman, Nanik Rahayu, dan Endra Noviandy Sujadi, masing-masing sebagai Wakil Penanggung Jawab, Pengendali Teknis, dan Ketua Tim Pemeriksa IMO. Sementara itu, dari pihak IMO dipimpin oleh Arsenio Dominguez selaku Director Administrative Division.

Dalam sambutannya, Sekjen BPK menyampaikan apresiasi kepada Manajemen IMO dan jajarannya atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan selama proses pemeriksaan, sehingga pemeriksaan atas Laporan Keuangan IMO Tahun Anggaran 2020 yang dilakukan secara jarak jauh dapat diselesaikan dengan baik.

Bahtiar Arif menyampaikan bahwa saat ini pemeriksaan atas Laporan Keuangan IMO Tahun Anggaran 2020 telah memasuki tahap akhir pemeriksaan dan akan dilanjutkan ke tahap pelaporan. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan IMO, yang terdiri atas opini dan Long-Form Report, akan disampaikan kepada IMO pada 7 Mei 2021. Tim Pemeriksa berharap LHP tersebut dapat dipresentasikan secara langsung pada 125th Session of IMO Council Meeting mendatang.

Selama berlangsungnya pemeriksaan, Tim Pemeriksa telah menyampaikan masukan untuk perbaikan Laporan Keuangan IMO dan perbaikan konsep Secretary-General's Statement. Masukan tersebut telah memperoleh persetujuan dari Manajemen IMO. Tim Pemeriksa juga telah menyampaikan Observasi Pemeriksaan (Audit Observations) kepada IMO.

Sementara itu, pihak IMO mengapresiasi pemeriksaan keuangan yang telah dilakukan dan memberikan tanggapan positif atas Observasi Pemeriksaan yang disampaikan. Diharapkan hasil pemeriksaan BPK dapat meningkatkan kualitas pengendalian internal IMO serta perbaikan tata kelola dan praktik-praktik yang telah dijalankan selama ini. Hal ini akan sangat membantu IMO untuk tetap up-to-date terhadap sistem Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Standar Akuntansi Sektor Publik Internasional (International Public Sector Accounting Standards/IPSAS).

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Anggota Tim Pemeriksa IMO, yaitu Igna Dias Augustavia, Prima Eka Candra, Pitriyanti, Achmad Rasyid Maula, Normas Andi Ahmad, Yusminarni Syam Zendrato, dan Muh Abdur Rohman. Selain itu juga hadir jajaran Manajemen dan staf IMO, yaitu Annabelle Viajar, Richard Greenwood, Ingrid Lopez-Cardona, Liya Dominic, Polinikis Sophocieous, Dominic Walter,Ita Mcbride, Bianca Ochs-Fawzy, Vincent Job, Prakash Joshi, Andrew Richardson, Darshana Ranmuthu, and Kas Khan.

Bagikan konten ini: