BERITA UTAMA

BPK MendorongTerwujudnya Transparansi dan Akuntabilitas di Lingkungan PTN dan PTNBH

JAKARTA, Humas BPK – Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III/Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Achsanul Qosasi, memberikan pengarahan kepada seluruh pimpinan Pergururuan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) dalam acara Forum Koordinasi BPK dan Perguruan Tinggi dalam Rangka Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Negara, di Kantor Pusat BPK, pada Senin (13/1/2020).

Pada kesempatan ini, Anggota III BPK memaparkan tentang permasalahan-permasalahan signifikan dalam pengelolaan keuangan negara di lingkungan PTN dan PTNBH. Beliau juga menyatakan bahwa BPK telah menerapkan rencana strategis pemeriksaan yang menitikberatkan pada sector pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul di Indonesia.

Dalam dua tahun terakhir BPK telah menitikberatkan pemeriksaan pada sektor infrastruktur pendidikan, sedangkan pada tahun ini BPK akan menguji efektifitas dan efisiensi anggaran yang dikelola oleh PTN dan PTNBH.

Selain itu, untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas di lingkungan PTN/PTNBH, fungsi kontrol ada pada unit kerja Satuan Pengawasan Internal (SPI). Menurut Achsanul, SPI di lingkungan PTN dan PTNBH harus diperkuat, karena SPI adalah kepanjangan tangan BPK untuk mendapatkan informasi yang valid secara langsung. “Personil di dalam SPI jangan sampai ditaruh orang-orang buangan”, tegasnya.

BPK mengapresiasi PTN karena telah responsive dan konsisten dalam menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK, dimana sebanyak 92% rekomendasi telah ditindaklanjuti. BPK membuka diri untuk berkomunikasi dan berdiskusi terkait penyelesaian tindak lanjut.

Namun demikian, BPK melihat masih ada beberapa rekomendasi yang belum ditindaklanjuti, hal ini terjadi karena tindak lanjutnya masih tergantung pada kementerian atau pihak lain. Diharapkan dengan bergabungnya Kementerian Pendidikan Tinggi dan Kementerian Pendidikan Nasional akan berdampak positif terhadap penyelesaian tindak lanjut.

Pada acara yang bertujuan untuk membangun sinergi antara BPK dan pengawas internal PTN/PTNBH ini, hadir pula Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VI/Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis, Menteri Riset dan Teknologi, Bambang P.S. Brodjonegoro, para pimpinan PTN dan PTNBH seluruh Indonesia, para Kepala SPI PTN/PTNBH, serta para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan BPK dan Kementerian Riset dan Teknologi.

Bagikan konten ini: