BERITA UTAMA

BPK Mengikuti High Level Meeting sebagai Tahapan Awal Penugasannya sebagai Pemeriksa Eksternal IMO

JAKARTA, Humas BPK - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna menghadiri High Level Meeting (HLM) secara virtual dengan Sekretaris Jenderal International Maritime Organization (IMO) Kitack Lim, Presiden World Maritime University (WMU) Cleopatra Doumbia-Henry, Direktur International Maritime Law Institute (IMLI) David Joseph Attard dan Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London Adam M. Tugio serta jajaran Manajemen IMO, pada Rabu (30/09/2020).

Pertemuan antar pimpinan tinggi ini digelar sebagai bagian dari tahapan awal penugasan BPK sebagai Pemeriksa Eksternal IMO periode 2020-2023. Pertemuan ini ditujukan untuk memperoleh informasi dan pemahaman mendalam atas IMO, WMU and IMLI, selaku entitas pemeriksaan BPK dan juga untuk memperkenalkan Pimpinan dan Tim Pemeriksa Eksternal BPK kepada entitas yang diperiksanya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal IMO menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap penugasan pemeriksaan yang akan dilakukan BPK. Sekretaris Jenderal IMO juga menyampaikan bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, laporan hasil pemeriksaan oleh pemeriksa eksternal telah banyak membantu IMO dalam meningkatkan akuntabilitas dan kualitasnya sebagai organisasi internasional yang berada di bawah PBB, serta meningkatkan kepercayaan para negara anggota dan pemangku kepentingan terhadap hasil kerja IMO.

Pada kesempatan ini, Ketua BPK menyampaikan paparan dan empat poin utama terkait rencana pemeriksaan BPK atas IMO, yaitu penyesuaian jadwal pemeriksaan dikarenakan adanya pandemik Covid-19, serah terima jabatan pemeriksa eksternal dari SAI Ghana ke BPK, Those Charged With Governance pada IMO, WMU dan IMLI, serta prosedur dan mekanisme pemeriksaan di tengah pandemik Covid-19.

"BPK akan melaksanakan prosedur pemeriksaan secara virtual selama 2020, sedangkan prosedur pemeriksaan yang membutuhkan pemeriksaan lapangan direncanakan akan dilakukan di London, Swedia dan Malta pada Februari hingga Maret 2021," jelas Ketua BPK.

Selanjutnya, Presiden WMU dan Direktur IMLI pada pertemuan virtual ini menyampaikan informasi singkat mengenai tugas, fungsi dan status terkini atas WMU dan IMLI. Diharapkan penjelasan singkat ini dapat memberikan gambaran umum mengenai WMU and IMLI, yang merupakan dua Lembaga Pendidikan kemaritiman yang dibentuk oleh IMO.

Turut hadir dalam pertemuan ini adalah Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, yang juga merangkap sebagai Penanggung Jawab Tim Pemeriksa IMO, Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional, Selvia Vivi Devianti, Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Kusuma Ayu Rusnasanti, serta Nanik Rahayu, Pingky Dezar Zulkarnain dan Endra Noviandy Sujadi yang merupakan Pengendali Teknis, Pengendali Teknis TI dan Ketua Tim Pemeriksa IMO, dan Analis Kerja Sama Luar Negeri, Kartika Widyastuti.

Pemeriksaan BPK atas IMO akan diawali dengan Perencanaan Pemeriksaan Interim pada Oktober hingga November 2020, dilanjutkan dengan Perencanaan Pemeriksaan Laporan Keuangan IMO Tahun Anggaran 2020 pada Desember 2020 hingga Januari 2021. Seluruh tahapan pemeriksaan interim dan perencanaan pemeriksaan tersebut dilaksanakan secara virtual. Selanjutnya untuk pemeriksaan atas Laporan Keuangan IMO Tahun Anggaran 2020 akan dilaksanakan pada Februari hingga Maret 2021, dan Pelaporan Hasil Pemeriksaan pada Maret hingga April 2021 yang akan dilaksanakan secara on site.

Bagikan konten ini: