BERITA UTAMA

BPK Menjadi Panelis pada INTOSAI CBC Webinar on SAI’s Auditing Donor Funds

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi salah satu Panelis pada INTOSAI Capacity Building Committee (CBC) Webinar on SAI's Auditing Donor Funds yang diselenggarakan secara virtual, pada Selasa (6/10/2020). Webinar yang dihadiri oleh kurang lebih 95 peserta dari berbagai SAI ini bertujuan untuk menjadi wadah diskusi untuk mengidentifikasi isu, dilema, dan praktik terbaik, kesempatan dan kondisi yang memungkinkan peran Lembaga Pemeriksa/ Supreme Audit institutions (SAI) yang berkelanjutan dalam memeriksa donor funds.

Webinar ini dibuka oleh CBC Vice Chair dan Auditor General of Sweden Helena Lindberg, yang menjelaskan terkait setting diskusi panel yang akan berlangsung dengan mengacu pada issue paper yang telah dibagikan kepada seluruh peserta serta harapan CBC akan webinar tersebut. Diskusi panel ini dimoderatori oleh International director at the Netherlands Court of Audit Andrea Connell, yang membagi sesi diskusi menjadi empat sesi, yang membahas isu-isu sebagai berikut:

  1. Pro's and Con's and possible dilemmas of a SAI being in the lead in the audit of donor funds;
  2. Conditions for success and identified best practices;
  3. How can INTOSAI and regional organizations support SAIs in this area?;
  4. Questions and answer session.

Dalam webinar ini, BPK dipercaya menjadi salah satu panelis pada diskusi panel sesi pertama yang diwakili oleh Kepala Direktorat Utama Perencanaan Evaluasi dan Pengembangan Pemeriksaan Keuangan Negara B. Dwita Pradana. Pada kesempatan tersebut, BPK berbagi terkait manfaat serta tantangan yang dihadapi oleh BPK dalam melakukan audit donor funds termasuk di antaranya terkait alokasi sumber daya untuk melakukan pemeriksaan dimaksud.

BPK menekankan pentingnya kolaborasi, komunikasi, inovasi dan pengembangan dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk Kementerian dan Donor yang merupakan aspek kunci dalam mewujudkan peran BPK yang berkelanjutan dalam melakukan audit donor funds.

Turut menjadi panelis dalam webinar tersebut di antaranya. Corporate Executive at Auditor-General of South Africa Jan van Schalkwyk, Deputy Auditor General, International Affairs, Swedish National Audit Office Catharina Cappelin, Chief Executive Officer of AFROSAI-E Meisie Nkau, Auditor General Afghanistan Mohammad Naiem Haqmal, dan Governance advisor and economist at the EU Delegation in Madagascar Mailan Chiche.

Dari diskusi dari webinar ini menghasilkan beberapa poin penting antara lain pentingnya peranan SAI dalam melakukan audit donor funds dan pentingnya bekerja sama, berdialog, serta mandat SAI dalam melakukan audit donor funds.

Dengan peran BPK sebagai panelis dalam webinar ini, maka diharapkan dapat mendukung upaya BPK dalam melakukan eksternalisasi pengalaman BPK dalam melakukan audit dalam rangka menciptakan transparansi dan akuntabilitas sektor publik. Ke depan, diharapkan BPK dapat menjadi referensi bagi SAI lain yang ingin belajar terkait bagaimana melakukan audit donor funds.

Bagikan konten ini: