BERITA UTAMA

BPK Menjadi SME Forensic Audit Training untuk Auditor State Audit Office of Vietnam (SAV)

HANOI, Humas BPK - Sebagai implementasi kerja sama bilateral antara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan State Audit Office of Vietnam (SAV) dan berdasarkan permintaan dari SAV, pemeriksa BPK menjadi Subject Matter Expert (SME)s pada Forensic Audit Training untuk auditor di SAV yang dilaksanakan pada 31 Oktober s.d. 2 November 2023 di kantor pusat SAV di Hanoi.

SME dari Auditorat Utama Investigasi (AUI) BPK yaitu Kepala Sekretariat AUI Nanik Rahayu dan Kepala Subauditorat Investigasi Kekayaan Negara/Daerah yang Dipisahkan II Hendratna Mutaqin. Sebelum pelaksanaan training, SME dari BPK melakukan courtesy call dengan Deputy Auditor General SAV Bui Quoc Dung yang didampingi oleh Director General for Centre of Science Research and Training Tran Kim Loc dan Deputy Director General for International Cooperation Nguyen Viet Hung.

Dalam kesempatan tersebut, Deputy Auditor General SAV berterimakasih kepada BPK yang telah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman terkait pemeriksaan investigatif dan berharap kerja sama antara kedua institusi dapat terus berlanjut.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 46 auditor dan pegawai dari kantor pusat serta 13 kantor perwakilan SAV dari seluruh provinsi di Vietnam. Auditor dan pegawai dari kantor pusat SAV berasal dari departemen audit maupun dari departemen penunjang pendukung, diantaranya dari Departemen Hukum dan Departemen Quality Control.

Dari pelatihan ini, diharapkan SAV dapat menerapkan ilmu dan pengalaman yang didapatkan dari BPK dalam pemeriksaannya. Pelatihan tersebut dikoordinasikan oleh Training Center dan International Cooperation Department di SAV.

Materi yang disampaikan mencakup pelaksanaan pemeriksaan investigatif yang telah dilaksanakan di BPK. SME dari AUI berbagi ilmu tentang peran BPK dalam pemberantasan korupsi, struktur dan tugas AUI, tahapan dalam pemeriksaan investigatif, penghitungan kerugian negara, pemberian keterangan ahli, serta forensik audit dan digital forensic.

Sebelumnya, pembahasan topik Corruption Fighting and Preventing pernah dilaksanakan dalam joint workshop tahun 2022 di Jakarta. Pada kesempatan tersebut kedua institusi berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai pencegahan dan pemberantasan korupsi di negara masing-masing sesuai kewenangannya.

Bagikan konten ini: