BERITA UTAMA

BPK Menjadi Trainer dalam Training Sessions on ASOSAI Environmental Cooperative Audit

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi trainer dalam training sessions on environmental audit dalam project ASOSAI cooperative audit on water resources management in Mekong River Basin yang diselenggarakan pada 23-24 Februari 2021.

Cooperative audit ini merupakan implementasi dari rencana kerja organisasi lembaga pemeriksa se-Asia atau Asian Organization of Supreme Audit Institutions (ASOSAI) tahun 2019-2021 yang diikuti oleh badan pemeriksa keuangan atau Supreme Audit Institution (SAI) Thailand, Myanmar, dan Vietnam. BPK menugaskan Pitriyanti dan Normas Andi Ahmad dari Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) IV sebagai Subject Material Expert dalam cooperative audit tersebut dan menjadi trainer dalam program ini.

Pelatihan yang diikuti oleh 22 peserta dari SAI peserta cooperative audit dan SAI Malaysia sebagai observer ini bertujuan untuk membekali dan meningkatkan kemampuanpesertadalammelaksanakan audit lingkunganmenggunakanpendekatan audit kinerjauntukmenilaiaspek 3E (ekonomis, efisiensi, danefektifitas) pada program pemerintah yang terkaitdengan audit lingkungan.

Dalam pelatihan tersebut, trainer dari BPK menyampaikan materi mengenai konsep audit lingkungan, tata kelola lingkungan terutama terkait manajemen sumber daya air yang akan bermanfaat dalam mengembangkan kriteria dan metodologi audit, isu lingkungan terkait perairan, serta penggunaan beberapa tools untuk mengumpulkan dan menganalisa data audit lingkungan. Trainer BPK juga mengajak peserta pelatihan untuk berpartisipasi secara aktif dengan memberikan latihan terkait penyusunan rencana dan pelaksanaan audit, antara lain pada penggunaan informasi dan data dalam menghitung indeks kualitas air dan indikator lainnya yang diterbitkan oleh Mekong River Committee, serta membuka sesi tanya jawab langsung maupun via online discussion.

Peran BPK sebagai trainer dalam ASOSAI Cooperative audit ini merupakan kesempatan BPK untuk melakukan eksternalisasi praktik audit terbaik ke komunitas internasional. Diharapkan, BPK ke depan dapat menjadi leading SAI tidak hanya dalam bidang audit lingkungan, namun juga untuk bidang lainnya.

Bagikan konten ini: