BERITA UTAMA

BPK Perkenalkan BPK CorpU untuk Mendukung Pengembangan Organisasi

JAKARTA, Humas BPK - Kebutuhan formasi di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat ini masih jauh dari ideal. Ketua BPK, Agung Firman Sampurna mengatakan, meskipun peningkatan kompetensi di satu sisi untuk memenuhi kebutuhan organisasi, namun di sisi lain prosesnya bertendensi mengurangi kapasitas organisasi untuk melaksanakan tugas yang lain.

"Dibutuhkan breakthrough/terobosan/inovasi, sehingga upaya peningkatan kompetensi dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi di satu sisi, tidak mengurangi kapasitas organisasi dalam menjalankan perannya di sisi yang lain," ujar Ketua BPK dalam acara Peluncuran BPK Corporate University (BPK CorpU) di Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN), di Jakarta, pada Kamis (8/4).

Dalam sambutannya, Ketua BPK mengatakan, sebagai organisasi pembelajar, BPK perlu merespon perkembangan teknologi informasi khususnya berkaitan dengan upaya menjawab berbagai kebutuhan internal organisasi, salah satu di antaranya adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Pengembangan SDM utamanya diarahkan untuk peningkatan kompetensi pelaksana BPK, khususnya terkait dengan kompetensi dalam pemeriksaan/audit dan komunikasi audit," ungkapnya pada kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut.

Oleh karena itu, Badiklat PKN sebagai unsur pelaksana tugas penunjang BPK mengusulkan pengembangan Badiklat menjadi BPK Corporate University (BPK CorpU). Menurut Ketua BPK, hal tersebut merupakan wujud implementasi dari Rencana Strategis (Renstra) BPK.

Lebih lanjut, Ketua BPK menyebutkan, terdapat beberapa faktor yang mendorong Badiklat PKN bertransformasi menjadi BPK CorpU. Pertama, agar perkembangan SDM semakin sejalan dengan rencana strategis (strategic planning) organisasi.

"BPK CorpU menawarkan solusi agar seluruh pembelajaran dan pembimbingan terarah sesuai dengan tujuan organisasi," jelasnya pada kegiatan yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono serta para Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara (Anggota BPK) tersebut.

Kedua, BPK CorpU menyediakan proses bisnis pengembangan SDM yang lebih aplikatif, relevan, mudah diakses, dan berdampak tinggi. dan yang ketiga, BPK CorpU menciptakan learning organization atau organisasi yang terus belajar dan menciptakan pengetahuan yang dibutuhkan dalam pengembangan organisasi.

Kegiatan peluncuran BPK CorpU ini juga diisi dengan talkshow yang mengangkat tema "Akselerasi Peningkatan Kinerja Organisasi dengan Penerapan Prinsip Corporate University". Kegiatan ini diikuti oleh para seluruh peserta peluncuran BPK CorpU, baik di lingkungan BPK Pusat maupun BPK Perwakilan.

Talkshow tersebut merupakan salah satu sarana knowledge sharing mengenai CorpU dengan menghadirkan narasumber dari internal BPK yaitu Wakil Ketua BPK dan dari eksternal BPK, yakni dari Global Council Corporate University (GCCU), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), dan Telkom CorpU.

Bagikan konten ini: