BERITA UTAMA

BPK Rangkul Stakeholder untuk Suarakan Peran Aktif SAI dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Global dan Pencapaian Agenda 2030

LABUAN BAJO, Humas BPK - Dalam mendukung Presidensi G20 Indonesia 2022, BPK menyelenggarakan SAI20 Seminar secara hybrid di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (17/06). Seminar ini diselenggarakan untuk memberikan perspektif dan pengayaan kepada anggota SAI 20 mengenai pentingnya kontribusi SAI percepatan Pemulihan Ekonomi dan capaian Agenda 2030.

Selain itu, seminar ini juga dimaksudkan untuk memperoleh masukan dari berbagai stakeholders atas 2 isu yang diangkat SAI20 yaitu accelerating economic recovery dan supporting the SDGs untuk memperkaya referensi dalam penyusunan draft communique yang akan menjadi output dari SAI20.

Seminar yang dihadiri oleh anggota SAI20, perwakilan SAI, perwakilan organisasi internasional dan kedutaan besar serta perwakilan dari Engagement Group dan Working Group G20 ini dibuka oleh Ketua BPK sekaligus sebagai Ketua SAI20, Isma Yatun.

Dalam sambutannya, Ketua BPK menyampaikan bahwa SAI20 dapat meningkatkan tata kelola dan sistem manajemen risiko dari negara anggota G20 untuk memperkuat arsitektur kesehatan global, mendorong pemulihan ekonomi dan membangun greener economic dan digital transformation. Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam sambutannya menekankan peran SAI dalam masa pandemi dan pencapaian SDGs. Menteri Keuangan berharap agar SAI dapat menjadi partner pemerintah dalam menghadapi situasi pandemi.

SAI20 Seminar yang bertajuk SAI's contribution to the acceleration of the economic recovery and the 2030 agenda ini mengundang berbagai pembicara yaitu dari International Monetary Fund (IMF) dan G20 Finance-Health Task Force yang memberikan presentasi mengenai peran dan kontribusi mereka dalam mendukung pemulihan ekonomi. Sedangkan pembicara lainnya dari INTOSAI WGEA, The United Nations Project Office on Governance (UNPOG), INTOSAI Development Initiative (IDI) dan INTOSAI Working Group on SDGs and Key National Indicator (KNI) memaparkan perspektif dan kontribusi masing-masing organisasi dalam pencapaian SDGs.

Dalam seminar ini, masing-masing anggota SAI20 diundang untuk memberikan intervensi atas 2 isu prioritas yang dibahas. Para undangan yang hadir juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandangan atas 2 isu tersebut. Pandangan dari berbagai stakeholder tersebut akan menjadi masukan bagi SAI20 untuk memperkaya isu SAI20 yang akan diejawantahkan dalam communiques untuk ditetapkan dalam SAI20 Summit pada 29-30 Agustus 2022.

Bagikan konten ini: