BERITA UTAMA

BPK Selenggarakan Webinar Internasional tentang Transparansi dan Akuntabilitas di Masa Pandemi

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) menyelenggarakan International Webinar on Ensuring Transparency and Accountability in COVID-19 Pandemic: a Multi-Stakeholder Approach/Perspective pada Senin, 11 Januari 2021. Pertemuan yang dihadiri oleh 750 peserta dari lembaga pemeriksa atau Supreme Audit Institutions (SAI) di kawasan Asia, berbagai kementerian dan lembaga, akademisi, serta lembaga donor dan para pemeriksa BPK.

Webinar ini diselenggarakan sebagai forum untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana para pemangku kepentingan atau stakeholders mengidentifikasi dan mengatasi risiko dalam pengelolaan keuangan sektor publik di masa krisis. Webinar ini juga bertujuan untuk mendapatkan wawasan dari para stakeholders guna meningkatkan pengetahuan dalam pelaksanaan audit BPK atas Penanganan Pandemi COVID-19 di Indonesia.

Webinar yang dibuka oleh Ketua BPK, Agung Firman Sampurna ini menghadirkan pembicara dari internal BPK, yakni Anggota III BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III, Achsanul Qosasi dan dari berbagai stakeholder yaitu The World Bank, International Budget Partnership (IBP), Certified Practising Accountant (CPA) Australia, United Nation Resident Coordinator (UNRC), Australian National Audit Office (ANAO), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Universitas Indonesia dan INTOSAI Policy, Finance, and Administration Committee (PFAC).

Pada kesempatan tersebut, Ketua BPK menegaskan bahwa transparansi dan akuntabilitas merupakan dua hal utama dari good governance yang tidak dapat ditawar meskipun di masa krisis. Menurutnya, seluruh stakeholder perlu paham dan bekerja bersama untuk menegakkan nilai tersebut, bahkan disaat krisis.

Lebih lanjut, Ketua BPK juga menyampaikan bahwa saat ini BPK sedang akan melakukan audit universe terhadap anggaran penanganan pandemi COVID-19. Audit ini bertujuan untuk mempromosikan nilai inklusivitas, selain transparansi dan akuntabilitas, karena diperlukan kerja sama dari semua stakeholder untuk menangani masalah pandemi ini. Multi-stakeholder approach diharapkan dapat menjadi solusi ke depan untuk mengatasi krisis yang sedang dihadapi saat ini.

Melalui Internasional Webinar ini, Anggota III BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III memaparkan tentang pengalaman BPK dalam melakukan audit terhadap penanganan pandemi COVID-19, sedangkan pembicara lain menyampaikan inisiatif atau upaya yang telah dilakukan baik dari sisi donor, pentingnya peran SAI dalam melakukan oversight selama periode pandemi COVID-19, peran profesi akuntan dalam penanganan emergency, hasil pengawasan Internal Audit Pemerintah selama pandemi COVID-19, serta peran penting dan sharing dari akademisi dalam melakukan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas di masa pendemi ini.

Selain itu, INTOSAI PFAC memberikan asistensi kepada SAI anggota INTOSAI untuk mengembangkan informasi teknologi yang diperlukan sebagai respon atas Pandemi COVID-19 dan berbagi terkait pembelajaran yang diperoleh dari komunitas audit dunia terkait audit dalam masa pandemi COVID-19.

Bagikan konten ini: