BERITA UTAMA

BPK Serahkan LHP Kinerja pada Mahkamah Agung

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja kepada Mahkamah Agung (MA) di Kantor Pusat Mahkamah Agung, di Jakarta, pada Selasa (30/3). LHP Kinerja tersebut diserahkan oleh Anggota III BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III, Achsanul Qosasi kepada Ketua Mahkamah Agung, M. Syarifuddin.

LHP yang diserahkan yaitu LHP Kinerja Pelayanan Peradilan Umum atas Penyelesaian Minutasi Perkara dan Penyampaian Putusan Kepada Pihak Berperkara serta Pelaksanaan Eksekusi pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Umum di Bawahnya Tahun 2019 dan 2020 (s.d Semester I) di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut Anggota BPK menyampaikan beberapa permasalahan yang menjadi temuan dalam pemeriksaan. Achsanul mengungkapkan, bahwa permasalahan-permasalahan tersebut dapat menghambat efektivitas penyelenggaraan pelayanan peradilan umum.

"Khususnya penyelesaian minutasi dan penyampaian putusan kepada pihak berperkara serta pelaksanaan eksekusi, terutama pada regulasi dan/atau kebijakan, SOP, sumber daya manusia, sarana prasarana, serta kegiatan monitoring dan evaluasi yang menjadi sasaran pemeriksaan," jelasnya.

Hadir secara terbatas pada Penyerahan LHP Kinerja tersebut di antaranya, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Non Yudisial, Panitera Mahkamah Agung beserta jajaran pejabat di lingkungan Mahkamah Agung dan pejabat di lingkungan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) III BPK.

Bagikan konten ini: