BERITA UTAMA

BPK Terima Kunjungan Badan Pengelola Latihan Himpunan Mahasiswa Islam (BPL HMI)

JAKARTA, Humas BPK - Sebanyak 19 mahasiswa dan mahasiswi peserta Pusdiklatsus Arah Ekomoni dan Politik yang tergabung dalam Badan Pengelola Latihan Himpunan Mahasiswa Islam (BPL HMI) mengunjungi Kantor Pusat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk berdiskusi dan berdialog mengenai BPK dan Pengelolaan Keuangan Negara.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Ketua BPK, Agung Firman Sampurna di ruang rapat konsultasi lantai 19 Gedung Tower BPK pada Senin (27/1).

Ketua BPK dengan didampingi Tenaga Ahli Bidang Media dan Komunikasi, Helmy Manaf dalam kesempatan itu menjelaskan tentang kedudukan BPK serta tugas dan wewang BPK sebagai Auditor Eksternal.

Kepada para mahasiswa Ketua BPK menyampaikan bahwa saat ini BPK sedang gencar memperkenalkan slogan “Accountability for All” atau “Akuntabilitas untuk Semua” kepada publik. Menurut Ketua BPK, saat ini akuntabilitas sangat diperlukan dan tidak hanya terbatas pada pengelolaan keuangan.

“Akuntabilitas yang dimaksud adalah definisi atas sebuah perilaku yang bisa menjadi nilai dan budaya yaitu melakukan segala sesuatu dengan cara yang dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Ketua BPK di hadapan para mahasiswa yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Senior Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Sujana Sulaiman.

Lebih lanjut, Ketua BPK mengungkapkan bahwa akuntabilitas tidak berdiri sendiri, akuntabilitas dibentuk dengan tiga unsur. Unsur pertama yaitu adanya standar, unsur kedua yaitu adanya kewajiban untuk membuat laporan, dan unsur ketiga yaitu adanya keharusan untuk dilakukan pemeriksaan.

Melalui diskusi ini, diharapkan para mahasiswa mendapat ilmu pengetahuan tentang BPK serta dapat memotivasi untuk perjuangan di masa yang akan datang.

Bagikan konten ini: