BERITA UTAMA

BPK Terpilih Menjadi Ketua ASEANSAI Task Force on Legal Capacity

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengikuti Virtual ASEANSAI Executive Committee Meeting untuk membahas Term of Reference TOR pendirian Task Force on ASEANSAI Legal Capacity (TFALC) yang bertugas untuk mengkaji kebutuhan legal capacity pada ASEANSAI yang diselenggarakan pada Selasa (08/09/2020).

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yaitu pada ASEANSAI Summit ke-5 di Kuala Lumpur pada November 2019. Legal capacity menjadi isu hangat di Asosiasi BPK se Asia Tenggara/ASEANSAI (Association of South East Asian Supreme Audit Institution) mengingat terdapat diskusi terkait pentingnya legal capacity bagi ASEANSAI ketika akan melakukan kerjasama dengan donor atau pihak lain.

Hadir dalam pertemuan ini Auditor General Malaysia sebagai Ketua ASEANSAI, YBhg. Datuk Nik Azman Nik Abdul Majid, Auditor General Myanmar sebagai Wakil Ketua ASEANSAI Maw Than dan Sekretaris Jenderal BPK sebagai Kepala Sekretariat ASEANSAI Bahtiar Arif. Dalam pertemuan itu, Bahtiar Arif mempresentasikan TOR pembentukan task force dan memperoleh persetujuan dari Executive Committee.

Pada siang harinya, diselenggarakan pertemuan pertama TFALC yang dihadiri oleh Executive Committee (SAI Malaysia dan Myanmar), para Committee Chairs (SAI Filipina, Singapura dan Vietnam) dan Secretariat (SAI Indonesia). Dipimpin oleh Auditor General Malaysia, sebagai Ketua ASEANSAI, Task Force meeting ini menyetujui secara aklamasi penunjukan BPK sebagai Ketua Task Force.

Pada pertemuan ini Bahtiar Arif sebagai Ketua Task Force mempresentasikan draft outline study terkait ASEANSAI legal capacity. Disampaikan bahwa dalam studi tersebut, Task Force akan menelaah praktek legal capacity di asosiasi SAI regional lain seperti ASOSAI, EUROSAI, AFROSAI, ARABOSAI dan sebagainya serta mengacu pada praktek di ASEAN dan associated entities lainnya. Lebih lanjut, Task Force juga akan melakukan konsultasi dengan kementerian luar negeri untuk meminta masukan terkait pandangan mereka atas legal capacity bagi ASEANSAI. Studi terkait legal capacity dIharapkan akan selesai pada Juni 2020 dan selanjutnya untuk disetujui di ASEANSAI Summit ke-6 pada November 2021 di Myanmar.

Selain dihadiri oleh Sekretaris Jenderal BPK dan sebagai Kepala Sekretariat ASEANSAI, pertemuan ini juga dihadiri oleh Kepala Kepala Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara (Ditama Binbangkum) Blucer W Rajagukguk, Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional Selvia Vivi Devianti, Kepala Sub Direktorat Pengembangan Hukum Sarmauli Marpaung, Kepala Bagian Kerjasama Internasional Kusuma Ayu Rusnasanti, dan Tim Sekretariat ASEANSAI.

Bagikan konten ini: