BERITA UTAMA

Dorong Pembangunan Berkelanjutan BPK Gelar Konferensi Internasional INCSFA

10 Oktober 2019

DENPASAR, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar Konferensi Internasional tentang Tata Kelola dan Akuntabilitas Keuangan Negara (International Conference of State Finance and Accountability/InCSFA), Kamis (10/10) di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Bali, di Denpasar.

Pertemuan tersebut mengusung tema "Governance and Accountability of State Finance to Promote Sustainable Development" yaitu membahas tentang tata kelola dan akuntabilitas keuangan negara untuk mendorong pembangunan berkelanjutan.

Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara pada pembukaan konferensi mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk mendorong peran Badan Pemeriksa Keuangan (Supreme Audit Institution/SAI) yang tergabung dalam badan pemeriksa keuangan sedunia (International Organization of Supreme Audit Institutions/INTOSAI) dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di negaranya masing-masing melalui fungsi pemeriksaan.

"Konferensi ini merupakan forum berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang isu-isu pembangunan berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan," ungkap Moermahadi.

Kegiatan yang diikuti oleh para pemeriksa, peneliti, perwakilan pemerintah daerah, asosiasi profesi pengelolaan keuangan negara ini digelar berdasarkan pengalaman BPK dalam berkontribusi secara strategis untuk mendorong pembangunan berkelanjutan melalui pemeriksaan.

Konferensi ini menghadirkan narasumber dari unsur pemerintah, akademisi, dan lembaga pemeriksa, yaitu Arifin Rudiyanto (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas), Jane Meade (Australian National Audit Office/ANAO), Eko Prasojo (Universitas Indonesia), dan Javien D. Ompoc (Audit of the Republic of the Phillipines).

BPK pada 2016 bergabung dengan INTOSAI Knowledge Sharing Committee (INTOSAI KSC) dan INTOSAI Development Initiative (IDI) pada program pengembangan kapasitas pemeriksaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

‚Äč

Terkait program tersebut BPK melakukan pemeriksaan kesiapan pemerintah untuk mengimplementasikan SDGs dan telah menyampaikan hasil pemeriksaan pada forum KSC, IDI, dan UN DESA (United Nations Department of Economic and Social Affairs).

Pada kesempatan tersebut, Ketua BPK yang didampingi oleh Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar dan para Anggota BPK juga melakukan penandatanganan prasasti sebagai bentuk peresmian Balai Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara BPK yang berlokasi di Gianyar, Bali.

Balai Diklat tersebut didirikan sebagai wujud komitmen BPK sesuai dengan mandat dan visi BPK. Selain itu, BPK juga mendapat kepercayaan dari IDI untuk menyelenggarakan diklat untuk wilayah Asia Pasifik.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan ini diantaranya Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster, Ketua SAI Zanzibar Fatma Mohamed Said, dan para pelaksana di lingkungan BPK Pusat, Badan Diklat PKN, serta BPK Perwakilan.