BERITA UTAMA

Dorong Pemeriksaan di bidang Industri Ekstraktif, BPK kirim auditor sebagai trainer dalam INTOSAI WGEI Training di Afrika Selatan

Sebagai bentuk komitmen internasional BPK dalam mendorong knowledge sharing dan kerjasama pemeriksaan di bidang industri ekstraktif, BPK mengirimkan 2 orang auditor sebagai trainer untuk INTOSAI Working Group on Extractive Industries (WGEI) – 1st International Training on Understanding Production Sharing Agreements (PSA) di Pretoria, Afrika Selatan pada 3 – 7 Februari 2020. Training ini diikuti oleh 30 peserta dari 11 negara.

Training yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang bagaimana mengidentifikasi risiko dan memilih topik audit di area PSA ini merupakan kerja sama antara INTOSAI WGEI dengan African Organisation of Supreme Audit Institutions-English (AFROSAI-E).

BPK dipercaya menjadi trainer mengingat pengalaman BPK dalam pemeriksaan di sektor industri ekstraktif, terutama sektor minyak dan gas, dimana pemerintah Indonesia merupakan pioneer dalam menerapkan model PSA untuk kerjasama dengan swasta. Forum ini juga merupakan wujud externalisasi pengalaman BPK di komunitas internasional sebagai langkah awal BPK untuk menjadi leading SAI di INTOSAI.

Bagikan konten ini: