BERITA UTAMA

Gelar FGD dengan DPR, BPK Bahas Permasalahan dan Resiko Pengelolaan APBN

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama Pimpinan dan Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Jakarta, Senin (16/12).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna. Dalam sambutannya Ketua BPK mengatakan bahwa FGD ini ditujukan untuk mendorong peningkatan akuntabilitas dan transparansi keuangan negara.

FGD dengan tema Upaya Peningkatan Akuntabilitas dan Transparansi atas Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2019 ini turut dihadiri oleh para Auditor Utama Keuangan Negara BPK.

FGD ini membahas tentang pemahaman atas masalah dalam pengelolaan APBN sampai dengan tahun 2018. Selain itu, juga dipaparkan mengenai identifikasi resiko pengelolaan keuangan negara pada tahun 2019.

“Jadi dasarnya adalah hasil pemeriksaan kami (BPK) sebelumnya dan identifikasi terhadap resiko apa yang akan kami hadapi pada saat BPK melakukan pemeriksaan pada tahun 2019,” ujar Ketua BPK yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono dan Anggota II BPK Pius Lustrilanang.

Melalui FGD tersebut, Ketua BPK berharap mendapat masukan dari Komisi XI sebagai stakeholder utama atas perkembangan pengelolaan keuangan negara. “Kami berharap mendapatkan informasi yang lebih detail tentang bagaimana resiko tersebut dihadapi atau kita kelola,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Ketua BPK menyampaikan bahwa FGD ini dapat mendukung tugas dan wewenang DPR RI khususnya Komisi XI sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta meningkatkan manfaat dan relevansi hasil pemeriksaan BPK dengan harapan dan kebutuhan pemangku kepentingan.

Bagikan konten ini: