BERITA UTAMA

Kepala Staf dan Inspektur Jenderal TNI AD Memperoleh Sertifikasi CSFA dari BPK

JAKARTA, Humas BPK - Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I, Hendra Susanto, menyerahkan sertifikasi profesi Certified State Finance Auditor(CSFA) Recognition Program kepada Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dan Inspektur Jenderal TNI AD, Mayor Jenderal TNI Rudianto, di Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN), Jakarta, Senin (18/04).

Pemberian sertifikasi CSFA menjadi salah satu upaya BPK untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara di lingkungan TNI AD. Sertifikasi bagi Kepala Staf TNI AD dan Inspektur Jenderal TNI AD diharapkan mampu mendorong pengelolaan keuangan negara yang lebih baik di lingkungan TNI AD.

"BPK telah merancang program sertifikasi profesi pemeriksa keuangan negara dengan nama Certified State Finance Auditor (CSFA) yang tidak saja diperuntukkan bagi pemeriksa BPK saja, tapi juga untuk pemeriksa di luar BPK yang berperan dalam pemeriksaan keuangan negara," jelas Anggota I BPK.

"Sertifikasi ini dilaksanakan dengan melalui suatu proses yang sistematis dan obyektif, untuk memastikan bahwa orang-orang yang telah lulus dan mendapatkan gelar CSFA ini adalah orang-orang yang benar­benar memiliki kompetensi yang dipersyaratkan," ungkapnya.

Anggota I BPK menambahkan bahwa BPK telah melaksanakan Recognition Program bagi para pimpinan instansi/lembaga lain dimana para pimpinan tersebut telah memiliki kompetensi dan pengalaman terkait perannya dalam melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan keuangan negara.

"Diharapkan pimpinan instansi/lembaga yang sudah mendapatkan sertifikasi CSFA ini akan dapat mendorong dan memimpin peningkatan akuntabilitas keuangan negara di entitasnya masing-masing," pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, Anggota I BPK mengatakan bahwa Sertifikasi CSFA Recognition Program bagi Kepala Staf TNI AD dan Inspektur Jenderal TNI AD ini merupakan kegiatan yang penting bagi BPK dan TNI Angkatan Darat, karena menjadi salah satu tanda adanya sinergi antara TNI Angkatan Darat dan BPK dalam melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan keuangan negara.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Kepala Staf TNI AD, Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto, Auditor Utama Keuangan Negara I, Novy G.A. Pelenkahu, Plt. Kepala Badiklat PKN Dwi Setiawan Susanto, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan pejabat struktural di lingkungan BPK.

Bagikan konten ini: