BERITA UTAMA

Ketua BPK Bertemu dengan Deputy Comptroller and Auditor General of India

JAKARTA, Humas BPK - Di sela-sela Program and Budget Committee Meeting of International Atomic Energy Agency (IAEA), Ketua BPK mengadakan pertemuan dengan Deputy Comptroller and Auditor General of India, pada Senin (09/05). Pertemuan ini membahas rencana pelaksanaan serah terima penugasan pemeriksa eksternal IAEA dari BPK kepada SAI India.

Pertemuan ini dipimpin oleh Ketua BPK, Isma Yatun, yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, Cipto Nugroho selaku Pengendali Teknis Pmeeriksaan, dan Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Kusuma Ayu Rusnasanti beserta pemeriksa IAEA BPK.

Sedangkan dari pihak SAI India, dihadiri oleh Raj Ganesh Viswanathan, Deputy Comptroller and Auditor General of India, Amitabh Prasad, Direktur Jenderal Hubungan Internasional, dan Mahesh Subramanian, Atase Ilmu Pengetahuan- Perwakilan Tetap India di Wina.

Sebagai bagian dari Standar Internasional tentang Praktik Pemeriksaan, BPK bermaksud mengimplementasikan GUID 5090 tentang Acceptance of New External Audit Engagement - Hand-Over Arrangements bahwa auditor baru perlu mengatur agenda serah terima untuk bertukar informasi mengenai pemeriksaan. BPK dan SAI India perlu mendiskusikan informasi-informasi yang perlu dilimpahkan kepada SAI India sebagai pemeriksa selanjutnya.

Berkaitan dengan implementasi GUID 5090 ini, BPK mengundang SAI India untuk melaksanakan serah terima secara resmi dan mendiskusikan secara lebih detail hal-hal teknis pemeriksaan pada pertemuan di Bali pada bulan Agustus 2022 sebelum acara G20.

Pada akhir pertemuan, Ketua BPK menyampaikan harapannya agar SAI India dapat memberikan jasa pemeriksaan terbaik kepada IAEA untuk Tahun Anggaran 2022-2027, sehingga IAEA dapat terus meningkatkan akuntabilitas dan dapat memberikan kinerja terbaik, yang pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan semua pemangku kepentingan.

Bagikan konten ini: