BERITA UTAMA

Ketua BPK Memimpin The 19th Intosai WGEA Assembly Meeting di Bangkok, Thailand

09 Agustus 2019

Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara sebagai Ketua INTOSAI WGEA membuka dan memimpin the 19th INTOSAI WGEA Meeting yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 6 – 9 Agustus 2019. Pertemuan in bertujuan untuk menyetujui produk WGEA periode work plan 2017 – 2019 yang terdiri dari 5 research paper, 3 audit guidance, 1 discussion paper dan 3 training tool. Selain itu, pertemuan ini juga merupakan forum sharing knowledge mengenai isu- isu terkini seperti SDGs, IT audit, Climate Finance, Sustainable Transport dan Plastic waste dengan mengundang pembicara dari organisasi internasional seperti UNESCAP, UNEP, ACCA, UNPOG dan pemerintah Thailand. BPK juga menjadi panelis dalam salah satu sesi dengan memaparkan pengalaman BPK dalam memanfaatkan penggunaan IT untuk melakukan audit lingkungan.

Pertemuan ini dihadiri oleh 117 delegas dari 57 Supreme Audit Institutions (SAI) dan organisasi internasional. Sebelum pertemuan, diselenggarakan One Day Training on Greening SAIs yang diikuti oleh 30 peserta dengan trainer dari SAI Estonia dan ECA.

Dalam pertemuan ini, BPK sebagai project leader juga memberikan presentasi tentang discussion paper on Environmental Auditing and Sustainable Development Goals, Update the INTOSAI WGEA 2007 Guidance Material on Auditing Biodiversity: Guidance for Supreme Audit Institutions dan international training on forestry.

Semua produk WGEA yang sudah disetujui dalam pertemuan ini akan dilaporkan di INTOSAI Congress XXIII di Rusia pada September 2019 untuk endorsement. Dalam pertemuan ini, Ketua BPK juga akan mengumumkan transfer keketuaan dan kesekretariatan ke SAI Finlandia.

Turut mendampingi Ketua dalam pertemuan ini adalah Hery Subowo (Kepala Badan Diklat PKN), Juska Meidy E.S. (Kepala Biro Humas dan KSI), Tim POKJA WGEA dan sekretariat WGEA.