BERITA UTAMA

Koperasi Pegawai BPK Harus Aktif dan Berani Berinvestasi

23 Juli 2019

Koperasi Pegawai BPK menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018 yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Juli 2019, di Auditorium Kantor BPK, Jakarta. RAT tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas, serta mengesahkan rencana kegiatan tahun 2019.

Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pegawai BPK yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar ini dipimpin oleh Ketua Koperasi Pegawai BPK, Edy Mulya dan dihadiri oleh Ketua Korps Pegawai Republik Indonesia Badan Pemeriksa Keuangan (KORPRI BPK), Dori Santosa, Pengurus dan Pengawas Koperasi, serta Anggota Koperasi Pegawai BPK.

Wakil Ketua BPK, dalam arahannya mengatakan, bahwa Koperasi Pegawai BPK harus lebih aktif dalam menjalankan usaha dan berani berinvestasi. “Teman-teman anggota koperasi harus diprioritaskan, koperasi harus aktif, dekati anggotanya,” ungkapnya. Selain itu, Wakil Ketua BPK berharap agar Koperasi Pegawai BPK tidak hanya beranggotakan pegawai BPK di lingkungan kantor pusat, namun juga harus menjangkau seluruh BPK Perwakilan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Koperasi Pegawai BPK dalam laporannya mengatakan, selain mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas, RAT yang dilaksanakan kali ini juga akan menyepakati mengenai penggunaan dan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) Tahun Buku 2018.

Secara umum, sampai dengan tahun 2018 usaha di Koperasi Pegawai BPK sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Selain penjualan bahan pokok dan simpan pinjam, Koperasi Pegawai BPK juga melayani pinjaman/kredit elektronik hingga kendaraan bermotor. Selain itu, Koperasi Pegawai BPK juga bermitra dengan jasa pengiriman barang dan travel untuk memudahkan pegawai BPK yang akan bepergian ke luar kota, baik dalam rangka menjalankan tugas maupun keperluan pribadi.

Dalam Rapat Anggota Tahunan ini diharapkan anggota koperasi dapat mengevaluasi kinerja yang disampaikan oleh pengurus dan pengawas koperasi sekaligus memberikan masukan-masukan demi perkembangan dan kemajuan koperasi BPK.