BERITA UTAMA

Melalui Kegiatan Focus Group Discussion, Bank Indonesia Berbagi Informasi kepada BPK

01 Agustus 2019

Untuk menyelaraskan sudut pandang, pemahaman dan persepsi tentang latar belakang dan proses pengambilan kebijakan Bank Indonesia serta pelaksanaannya selama triwulan I tahun 2019, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bersama dengan Bank Indonesia menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di Kantor Pusat BPK, Jakarta pada Rabu (31/7).

Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara yang membuka diskusi mengatakan, BPK sangat berterima kasih kepada Bank Indonesia yang menginisiasi penyampaian informasi mengenai kebijakan yang diambil dan dilaksanakan oleh Bank Indonesia dalam bidang moneter kepada BPK secara periodik atau setiap triwulan. Penyampaian informasi kepada BPK ini merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan tugas dan fungsi Bank Indonesia dalam rangka menjaga stabilitas nilai rupiah.

Pemahaman atas latar belakang kebijakan Bank Indonesia akan menjadi pertimbangan BPK dalam melakukan assessment pengendalian intern atas pelaksanaan kebijakan Bank Indonesia yang tercermin dalam laporan keuangan.

“Kami mengharapkan kerjasama yang baik untuk sharing informasi ini akan terus ditingkatkan dalam rangka pelaksanaan tugas BPK dan Bank Indonesia”, ungkap Ketua BPK.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam pemaparannya memberikan beberapa penjelasan terkini berdasarkan hasil pengamatan Bank Indonesia dari faktor ekonomi, baik dari sisi ekonomi global maupun dari sisi ekonomi dalam negeri, yang menjadi latar belakang kebijakan Bank Indonesia.

Selain Ketua BPK dan Gubernur Bank Indonesia, hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar, Anggota I BPK, Agung Firman Sampurna, Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, Anggota III BPK, Achsanul Qosasi, Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, para Deputi Gubernur Bank Indonesia, para Pejabat Tinggi Madya lingkungan BPK dan Bank Indonesia serta para pemeriksa BPK.