BERITA UTAMA

Pengambilan Sumpah 348 PNS, Pesan Sekjen BPK: Jaga Kredibilitas dan Kehormatan Instansi

JAKARTA, Humas BPK - Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), sejatinya adalah mengikhlaskan diri untuk menjadi panutan bagi masyarakat. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bahtiar Arif mengatakan, di luar kantor, PNS BPK adalah representasi dan refleksi dari BPK.

"Nilai-nilai dasar BPK yang terdiri atas Independen, Integritas, dan Profesionalisme, akan menjadi sangat bermakna apabila diterapkan juga dalam kehidupan sehari-hari," kata Sekjen BPK usai memimpin Pengambilan Sumpah/Janji PNS di Lingkungan Pelaksana BPK, di Jakarta, pada Rabu (24/11).

Oleh karena itu, Sekjen BPK menekankan kepada pelaksana BPK untuk senantiasa menjaga kredibilitas dan kehormatan instansi. Selain itu, dengan pesatnya pemanfaatan internet, Sekjen berpesan agar pelaksana BPK bijak dalam menggunakan media sosial, berkomunikasi di ruang-ruang digital dengan santun, menjaga tutur kata, dan perbuatan.

"Jangan rendahkan diri dan martabat Saudara dengan menjual integritas dan melakukan hal-hal yang dapat mencederai kredibilitas serta merusak kehormatan instansi, serta merugikan negara," tegasnya dihadapan PNS yang hadir pada Pengambilan Sumpah/Janji baik secara fisik maupun virtual.

Pengambilan Sumpah/Janji PNS di Lingkungan Pelaksana BPK ini diikuti sebanyak 348 PNS formasi tahun 2019. Terdiri dari 282 PNS Golongan III/a (Sarjana/S1) dan 66 PNS Golong II/c (Diploma/D3), para PNS tersebut akan ditempatkan pada unit kerja teknis dan penunjang/pendukung, baik di BPK Pusat maupun BPK Perwakilan.

Pengambilan sumpah ini dilaksanakan setelah kurang lebih para pegawai melaksanakan tugas kedinasan sebagai Calon PNS (CPNS). Pada masa CPNS tersebut, pegawai mengikuti rangkaian pendidikan dan pelatihan (diklat) dan menjalani masa percobaan.

Sekjen BPK mengatakan, dengan proses tersebut, CPNS diberikan kesempatan untuk mempersiapkan diri sebelum melaksanakan tugas yang diberikan oleh BPK. Harapannya, setelah masa percobaan, PNS BPK terus mempertahankan semangat untuk memberikan kontribusi yang terbaik. Dan apa yang didapatkan dari rangkaian diklat, diimplementasikan dengan baik di lingkungan kerja.

"Etika dalam bekerja, sopan santun dalam bersosialisasi, mengenal dan menghormati pimpinan, atasan, dan rekan kerja, hal-hal tersebut kelihatannya sederhana, namun dapat memberikan pengaruh yang besar bagi organisasi maupun bagi diri Saudara sendiri," ucap Sekjen BPK dalam kegiatan yang disaksikan oleh para pejabat struktural dan fungsional BPK tersebut.

"Semoga Saudara sekalian dapat memegang teguh sumpah yang telah Saudara ucapkan, menjaga amanah yang telah diberikan, menjunjung tinggi nilai-nilai dasar BPK, dan berperan aktif dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan sebagai bentuk pengabdian untuk bangsa dan negara," tutupnya.

Bagikan konten ini: