BERITA UTAMA

Pengurus IPKN Wilayah Jabar Resmi Dilantik, Anggota V BPK Harap Kompetensi Pemeriksa Meningkat

BANDUNG, Humas BPK - Pengurus Institut Pemeriksaan Keuangan Negara (IPKN) Wilayah Jawa Barat (Jabar) Periode 2020-2023 resmi dilantik Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) IPKN, Bahrullah Akbar di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jabar, pada Rabu (16/9/2020).

IPKN merupakan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara yang telah diresmikan pada 20 Februari 2020. Pembentukan IPKN oleh BPK bertujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara.

Bahrullah Akbar yang juga menjabat sebagai Anggota V BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V mengatakan, IPKN Wilayah merupakan tulang punggung dari organisasi IPKN yang diharapkan mampu mengemban visi dan misi dibentuknya IPKN.

Menurutnya, IPKN Wilayah harus mampu menjembatani berbagai macam latar belakang pemeriksa untuk menjalin kerja sama yang sinergi, serasi, seimbang, dan selaras. Oleh karena itu, IPKN terbuka untuk pengawas internal pemerintah dan pihak lainnya dalam rangka menyamakan persepsi dan sinergi untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas.

"Kolaborasi antara pemeriksa eksternal dan pemeriksa internal dalam pemeriksaan dan pengawasan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara merupakan kunci semua cita-cita tersebut dapat dicapai," terangnya pada kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Bandung, Oded Muhammad Danial tersebut.

Bahrullah juga berharap, pengurus IPKN Wilayah dapat menjalankan tugas dengan baik, sehingga keberadaan organisasi profesi IPKN semakin mendukung peningkatan kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dari para pemeriksa keuangan negara dan tercipta Akuntabilitas untuk Semua atau Accountability for All.

Adapun pengurus IPKN Wilayah Jabar periode 2020-2023 tersebut diketuai oleh Arman Syifa (Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jabar). Selain dari lingkungan BPK, kepengurusan IPKN Wilayah juga melibatkan unsur Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), Kantor Akuntan Publik (KAP), dan para pakar di bidang keuangan negara.

Turut hadir dalam pelantikan ini di antaranya, Anggota Dewan Pengarah IPKN, Akhsanul Khaq (Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK), Wakil Ketua Umum DPN IPKN, Hery Subowo (Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara), Sekretaris Jenderal DPN IPKN, Gunarwanto (Kepala Pusat Standarisasi dan Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara BPK), dan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Banten, Agus Khotib serta pelaksana di lingkungan BPK.

Dalam rangkaian kegiatan pelantikan tersebut, IPKN juga menggelar seminar online dengan tema "Sinergi antara Pengawasan Internal dan Pemeriksaan Eksternal dalam Rangka Mendorong Peningkatan Kinerja Penanganan Pandemi Covid-19".

Seminar ini diikuti oleh para pemeriksa dari lingkungan BPK, APIP/Satuan Pengawas Internal (SPI) Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/D), dan akademisi di wilayah Provinsi Jabar. Dibuka oleh Ketua DPN IPKN, Bahrullah Akbar, kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota III BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III, Achsanul Qosasi untuk memberikan keynote speech secara virtual.

Adapun narasumber pada seminar tersebut yaitu, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat, Mulyana dan Akademisi Universitas Padjajaran, Mudiyati Rahmatunnisa.

Bagikan konten ini: