BERITA UTAMA

Persiapkan Pemeriksaan Interim atas IMLI TA 2021, BPK Laksanaan Entry Meeting dengan Manajemen IMLI

JAKARTA, Humas BPK – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) melaksanakan Taklimat Awal (Entry Meeting) pemeriksaan interim atas International Maritime Law Institute (IMLI) Tahun Anggaran 2021, Senin (04/10/2021).

Pertemuan yang dilaksanakan secara daring ini merupakan bagian dari penugasan BPK sebagai Pemeriksa Eksternal International Maritime Organization (IMO) periode 2020-2023, yang saat ini telah memasuki tahun kedua.

Pada Entry Meeting dengan Manajemen IMLI ini, Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif, yang juga berperan sebagai Penanggung Jawab Pemeriksaan BPK atas IMO, menyampaikan adanya sedikit perubahan susunan pada tim pemeriksa IMLI, yaitu adanya kehadiran Raden Yudi Ramdan Budiman sebagai Wakil Penanggung Jawab Pemeriksaan atas IMLI.

Sebagai persiapan atas pemeriksaan interim IMLI TA 2021, tim pemeriksa telah menyiapkan empat dokumen utama, yaitu (i) Engagement Letter (EL) yang berisi rincian mengenai lingkup perjanjian termasuk ketentuan, biaya, dan jadwal; (ii) Entity Service Plan (ESP) yang berisi informasi tambahan mengenai pihak-pihak yang terlibat dalam EL; (iii) Entity Assistance Schedule (EAS) yang berisi data permintaan akses dan jadwal dengan manajemen; dan (iv) usulan daftar agenda untuk pertemuan dengan para counterparts.

Sekretaris Jenderal kemudian menyampaikan bahwa pemeriksaan interim atas IMLI akan dilaksanakan selama bulan Oktober 2021 dan dilanjutkan dengan penyusunan perencanaan pemeriksaan terinci pada November hingga Januari 2022 serta pemeriksaan terinci atas Laporan Keuangan IMLI TA 2021 pada awal Februari 2021.

Dalam pertemuan ini juga dibahas mengenai tindak lanjut atas rekomendasi pemeriksaan sebelumnya. Pihak IMLI, yang dipimpin langsung oleh Direktur IMLI David Attard, menyampaikan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti hampir semua rekomendasi yang diberikan, kecuali untuk bagian harmonisasi kebijakan akuntansi antara ketiga entitas IMO yang diperlukan dalam proses konsolidasi laporan keuangan. Hal ini membutuhkan waktu lebih lama mengingat perlunya koordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait.

Menutup paparannya, Sekretaris Jenderal menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang diberikan IMLI terhadap pemeriksaan yang dilakukan BPK.

“Kami sangat berharap agar pemeriksaan BPK dapat memberikan nilai tambah terhadap IMLI yang tentunya juga sejalan dengan semakin meningkatnya kualitas pemeriksaan yang kami lakukan”, ucap Sekretaris Jenderal.

Selain Sekretaris Jenderal, pertemuan ini dihadiri oleh tim pemeriksa internasional Wakil Penanggung Jawab Pemeriksaan Raden Yudi Ramdan Budiman, Pengendali Teknis Nanik Rahayu, Ketua Tim Endra Noviandy Sujadi, dan para Anggota Tim Pemeriksa IMLI yang terdiri dari Nur Khamdah, Dini Fanny, Yusminarni Syam Zendrato, dan Muh. Abdur Rohman dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerjasama Internasional Selvia Vivi Devianti, serta Kepala Bagian Kerja Sama Internasional Kusuma Ayu Rusnasanti.

Bagikan konten ini: