BERITA UTAMA

Pimpinan dan Pegawai Pelaksana Hadiri Pembukaan Rangkaian Kegiatan HUT Ke-75 BPK

BANDUNG, Humas BPK - Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) beserta seluruh Pegawai Pelaksana BPK baik di Kantor Pusat BPK maupun Kantor BPK Perwakilan seluruh Indonesia mengikuti Pembukaan Rangkaian Kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 BPK yang digelar secara hybrid yaitu secara fisik terbatas di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat di Bandung dan secara virtual bagi pegawai di Kantor Pusat maupun Kantor BPK Perwakilan di seluruh Indonesia, pada Selasa (26/10/2021).

Hadir secara fisik dalam kegiatan ini Ketua BPK Agung Firman Sampurna beserta istri, Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono beserta istri, Anggota I BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Hendra Susanto berserta Istri, Anggota III BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III Achsanul Qosasi beserta istri, Anggota IV BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara IV Isma Yatun beserta suami, Anggota V BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V Bahrullah Akbar beserta istri, Anggota VII BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VII Daniel Lumban Tobing beserta istri, Istri Anggota VI BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VI Amanah Abdulkadir, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan para Pegawai Pelaksana BPK.

Dalam sambutannya Ketua BPK mengatakan bahwa per tanggal 25 Oktober data penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 telah turun secara signifikan yaitu sebanyak 460 orang, bahkan di lingkungan BPK tidak ada penambahan kasus baru.

"Namun demikian kita harus terus waspada, hati-hati dan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat untuk mejaga agar tidak terjadi masalah di kemudian hari tetap siap dalam menghadapi kemungkinan serangan gelombang ketiga pandemi Covid-19," ujar Ketua BPK.

"Oleh karena itu kita perlu mempelajari hal-hal apa yang akan dihadapi pada masa yang akan datang sebagaimana yang telah kita lakukan dalam menyusun Foresight BPK. Foresight BPK ini menunjukan kemampuan BPK dalam mencapai peran tertinggi sebagai Supreme Audit Institutions," tambahnya.

Pandemi Covid-19 ternyata tidak hanya menyisakan duka, bukan hanya memberikan tekanan tetapi juga memberikan berbagai pelajaran hal yang positif. Salah satu hal positif itu adalah kita dipaksa untuk dalam situasi yang seperti ini dapat meningkatkan kualitas tata Kelola BPK, dipaksa untuk mengembangkan prosedur-prosedur alternatif pemeriksaan di tengah pandemi Covid-19, dan Big Data Analytics mulai dibangun.

"Saya percaya BPK akan menjadi semakin terpercaya, semakain tangguh, dan dapat mendorong terciptanya tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan bernegara," tegasnya.

Dalam laporannya Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif menyebutkan bahwa dalam kegiatan HUT Ke-75 BPK ini akan diadakan perlombaan kesenian dan kreatifitas yang meliputi lomba fotografi, podcast audio dan video, penulisan berita, vocal group, menyanyi individu, dan ketoprak humor.

Selain itu akan diselenggaran juga pertandingan olah raga dan ketrampilan yang meliputi lomba sepeda, catur, bulu tangkis, senam, juggling bola, panahan dan E-Sport yang sebagian besar akan dilaksanakan secara virtual.

Untuk mengikatkan kekeluargaan pada keluarga besar BPK dari pimpinan sampai dengan pelaksana BPK, akan diselenggarakan acara Family Gathering yang akan diselenggarakan pada bulan Januari 2022. Sebagai puncak rangkaian kegiatan HUT Ke-74 BPK adalah upacara bendera dan syukuran yang juga akan diselenggarakan pada bulan Januari 2022.

Bagikan konten ini: