BERITA UTAMA

Pimpinan dan Pelaksana BPK Gelar Halalbihalal Secara Virtual

JAKARTA, Humas BPK - Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan saling bermaaf-maafan dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1441 H, keluarga besar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengadakan acara halalbihalal yang diselenggarakan secara virtual, pada Rabu (3/6/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna, Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono, Anggota I BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Hendra Susanto, Anggota II BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara II Pius Lustrilanang, Anggota III BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III Achsanul Qosasi, Anggota IV BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara IV Isma Yatun, Anggota V BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V Bahrullah Akbar dan Anggota VII BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VII Daniel Lumban Tobing serta lebih dari 250 pegawai pelaksana BPK baik di Kantor Pusat maupun di Kantor Perwakilan di seluruh Indonesia.

Membuka acara halalbihalal ini Ketua BPK mengatakan bahwa bulan Ramadhan pada tahun 2020 ini, BPK menghadapi ujian yamg cukup berat. Ujian ini bukan saja ujian dalam menjalankan ibadah puasa saja, tetapi juga ujian terhadap profesionalisme dan ketangguhan BPK dalam menjalankan tugas konstitusionalnya dalam melaksanakan pemeriksaan terhadap pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara di tengah kondisi adanya wabah Covid-19.

"Kita bersyukur bahwa pada tahun ini BPK telah berhasil menyelesaikan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, Laporan Keuangan Kementerian/ Lembaga tepat pada waktunya dengan baik, dan termasuk sebagian besar Laporan Keuangan Pemerintah Daerah serta Laporan Keuangan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan", ujar Ketua BPK.

"Untuk itu perkenankan saya atas nama Pimpinan BPK menyampaikan terima kasih dan apresiasasi sebesar-besarnya kepada segenap pemeriksa baik yang ada di Kantor Pusat maupun yang ada di Kantor Perwakilan di seluruh Indonesia. Apresiasi kami yang sebesar-bersarnya juga untuk pelaksana yang menjadi bagian dari penunjang dan pendukung, para penjaga keamanan dan tenaga kebersihan (cleaning service) yang telah memberikan waktu dan tenaganya untuk kita semua", ucapnya.

"Adalah kebanggaan dan kehormatan bagi kami berada ditengah-tengah para pegawai yang bekerja bagi negara ini dalam rangka menjaga akuntabilitas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara", kata Ketua BPK. Perkenankan kami yang pertama kali menyampaikan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Selamat Idul Fitri 1441 H bagi yang merayakannya, minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin", tutupnya.

Setelah sambutan dari Ketua BPK acara dilanjutkan pemberian ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari Pimpinan BPK secara bergantian kepada para pelaksana BPK kemudian dilanjutkan ucapan selamat dari Inspektur Utama Ida Sundari, Auditor Utama Keuangan Negara III Bambang Pamungkas, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat Arman Syifa, Kepala BPK Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah Ade Iwan Ruswana dan Kepala BPK Perwalikan Provinsi Maluku Muhammad Abidin serta Kepala Sekretarian BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan Yudi Prawiratman.

Menutup acara ini, Wakil Ketua BPK dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 ini ada sesuatu yang dapat diambil sebagai pelajaran. Banyak orang mengatakan setelah pandemi ini selesai tidak akan dapat kembali seperti semula, hal ini dikatakan sebagai new normal, dan hal ini akan masuk ke dalam semua aspek kehidupan.

"Begitu juga dengan BPK yang dalam masa pandemi Covid-19 BPK telah melaksanakan kegiatannya dengan tingkat efisiensi yang baik. BPK menjaga komunikasi dan melakukan proses koordinasi dengan menggunakan teknologi informasi sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan cukup efisien dan baik", ungkap Wakil Ketua BPK.

Oleh karena itu kedepannya BPK akan terus menjaga tingkat efisiensi ini dengan tetap menjaga kredibilitas dan kualitasnya dalam berinteraksi dengan internal maupun dengan entitas yang diperiksa.

Bagikan konten ini: