BERITA UTAMA

Sukseskan Pelaksanaan SAI20, BPK Koordinasi dengan Instansi Terkait

JAKARTA, Humas BPK - Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I, Nyoman Adhi Suryadnyana, megharapkan dukungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk meningkatkan keamanan menjelang pelaksanaan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Supreme Audit Institutions (SAI) 20 di Bali.

"Tentunya perlu ada dukungan dari lembaga atau instansi untuk menyukseskan pelaksanaan SAI20 yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 s.d. 30 Agustus 2022, mengingat pelaksanaannya yang sudah mendesak," ujar Anggota I BPK saat memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan KTT SAI20 di kantor pusat BPK, Jakarta, Senin (15/8).

"Untuk itu perlu adanya pembagian tugas dan memastikan semua tugas nanti yang akan dilaksanakan ada penanggungjawabnya di instansi yang Bapak dan Ibu pimpin," tambahnya dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh perwakilan dari TNI, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Intelijen Negara (BIN), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Anggota I BPK menjelaskan KTT SAI20 merupakan engagement group dari G20, dimana seluruh badan pemeriksa keuangan (SAI) negara lain, khususnya di 20 negara besar, bergabung memberikan suatu kesepahaman bahwa ke depannya badan pemeriksa keuangan di negara-negara yang tergabung dalam G20 akan melakukan kerja sama sebagaimana engagement group lainnya.

Menurut Anggota I BPK, pembentukan SAI20 akan menjadi pendorong bagi pelaksanaan G20. "Harapannya pelaksanaan SAI20 dapat berjalan dengan lancar dan optimal, sebab di dalam pelaksanaan SAI20 banyak agenda-agenda yang terkait dengan kepentingan bangsa dan negara Indonesia di masa yang akan datang. Baik itu kepentingan secara ekonomis maupun non ekonomis," kata Anggota I BPK.

Lebih lanjut, pada pertemuan tersebut, Anggota I BPK mengungkapkan bahwa kegiatan ini bersifat internasional dan ada standar-standar yang harus dipenuhi secara internasional, dan BPK sebagai inisiator pembentukan SAI20 mengharapkan pelaksanaan dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut di antaranya adalah Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) I, Akhsanul Khaq, Tortama KN III, Ahmad Adib Susilo, dan para pejabat struktural maupun fungsional di lingkungan BPK, TNI, BSSN, Kemenhub, BIN, Polri, Kemenlu, serta Kemenkumham.

Bagikan konten ini: