BERITA UTAMA

Tim Pemeriksa Eksternal BPK Melakukan Courtesy Call dengan Sekretaris Jenderal IMO

JAKARTA, Humas BPK - Sebagai bagian dari rangkaian proses pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Organisasi Maritim Internasional atau International Maritime Organization (IMO) Tahun Anggaran (TA) 2020, Tim Pemeriksa IMO melakukan Courtesy Call secara virtual dengan Sekretaris Jenderal IMO, Kitack Lim beserta jajaran Manajemen IMO, pada Kamis (04/03/2021).

Sama seperti Taklimat Awal (Entry Meeting) yang telah dilaksanakan sebelumnya, pertemuan ini juga bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pemeriksaan atas Laporan Keuangan IMO yang saat ini sedang berlangsung. Penjelasan yang diberikan meliputi tujuan pemeriksaan, lingkup pemeriksaan, jadwal pemeriksaan, susunan Tim Pemeriksa, proses pemeriksaan jarak jauh, dan status terkini atas proses pemeriksaan yang telah dilakukan.

Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, selaku Penanggung Jawab Pemeriksaan BPK atas IMO TA 2020 menyampaikan, bahwa tujuan pemeriksaan BPK atas IMO adalah untuk memperoleh keyakinan yang memadai apakah laporan keuangan secara keseluruhan telah bebas dari salah saji, baik yang disebabkan oleh fraud ataupun kesalahan, memberikan opini apakah laporan keuangan yang disajikan telah sesuai dengan kerangka pelaporan keuangan yang berlaku, serta melaporkan laporan keuangan tersebut sesuai dengan temuan pemeriksa.

Selanjutnya dijelaskan juga bahwa saat ini Tim Pemeriksa telah menyelesaikan pemeriksaan keuangan atas World Maritime University (WMU) dan International Maritime Law Institute (IMLI), dan laporan keuangan audited atas keduanya telah dikonsolidasikan dengan laporan keuangan IMO.

Sekjen BPK kemudian menyampaikan bahwa Tim Pemeriksa mengimplementasikan pemeriksaan jarak jauh (remote audit) sebagai prosedur pemeriksaan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Oleh karenanya, diberikannya akses terhadap sistem informasi IMO merupakan hal yang sangat penting bagi Tim Pemeriksa. Tim Pemeriksa juga sangat membutuhkan dukungan dari Manajemen IMO agar pemeriksaan tetap dapat berjalan dengan baik. Terkait perlunya dukungan ini, Tim Pemeriksa akan menyampaikannya kepada Council IMO, selaku Those Charged with Governance IMO.

Atas paparan yang diberikan, Kitack Lim menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap pemeriksaan yang akan dilakukan BPK. Dirinya mengharapkan laporan hasil pemeriksaan yang disampaikan BPK akan membantu IMO dalam meningkatkan akuntabilitas dan kualitasnya sebagai organisasi internasional yang berada di bawah PBB, serta dalam meningkatkan kepercayaan para Negara Anggota dan pemangku kepentingan terhadap hasil kerja IMO.

Pemeriksaan atas Laporan Keuangan IMO akan dilaksanakan selama empat minggu pada 1-26 Maret 2021 dan opini atas laporan keuangan tersebut dijadwalkan akan diserahkan kepada IMO pada 7 Mei 2021, bersamaan dengan penyampaian Long Form Audit Report. Diharapkan Long Form Audit Report tersebut dapat dipresentasikan oleh Tim Pemeriksa pada acara 125th Session of the Council mendatang.

Selain Sekretaris Jenderal, courtesy call ini dihadiri oleh tim pemeriksa eksternal IMO, yang meliputi Wakil Penanggung Jawab, Raden Yudi Ramdan Budiman, Pengendali Teknis, Nanik Rahayu, Ketua Tim, Endra Noviandy, dan para anggota tim.

Bagikan konten ini: