BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Apresiasi Kunjungan Kerja Komisi XI DPR ke BPK Perwakilan Jabar

BANDUNG, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono menghadiri kegiatan kunjungan kerja (Kunker) Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jabar, pada Jumat, (1/10/2021).

Dalam sambutannya Wakil Ketua BPK mengatakan dalam kondisi pandemi ini kita diberikan kesempatan untuk tetap bersinergi dan berkolaborasi terkait dengan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara/daerah, khususnya di lingkungan entitas BPK Perwakilan Provinsi Jabar.

Untuk itu, Wakil Ketua BPK mengapresiasi upaya Komisi XI dalam meningkatkan sinergi dengan melakukan kunker ke BPK Perwakilan. Wakil Ketua BPK yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif juga menyampaikan apresiasinya kepada para tenaga kesehatan dan pada semua pihak yang telah membantu pemerintah dalam memitigasi pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Tim Kunker Komisi XI Agun Gunandjar Sudarsa dan Anggota Komisi XI itu, Sekjen BPK memaparkan hasil pemeriksaan atas Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) yang dilaksanakan pada semester II Tahun 2020.

Pemeriksaan tersebut memuat ringkasan 241 objek pemeriksaan, yang terdiri atas 111 hasil Pemeriksaan Kinerja dan 130 hasil Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT).

Sekjen BPK mengungkapkan bahwa pemeriksaan dilaksanakan terhadap 27 objek pemeriksaan Pemerintah Pusat, 204 objek pemeriksaan Pemerintah Daerah, 10 objek pemeriksaan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan badan lainnya.

"BPK menyimpulkan bahwa efektivitas, transparansi, akuntabilitas, dan kepatuhan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dalam kondisi darurat Pandemi Covid-19 tidak sepenuhnya tercapai. Karena salah satunya adalah pelaksanaan program dan kegiatan manajemen bencana penangangan Pandemi Covid-19 tidak sepenuhnya efektif," ungkap Sekjen BPK.

Selain paparan dari Sekjen BPK, kegiatan ini juga diisi dengan sesi diskusi dan paparan oleh Anggota Komisi XI. Selain itu, BPK juga memberikan kesempatan kepada Komisi XI untuk memberikan masukan dan tanggapannya terkait hasil pemeriksaan BPK atas PC-PEN.

Turut hadir pada kunker ini Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Jabar Agus Khotib, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional Selvia Vivi Devianti, serta pejabat struktural dan fungsional di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jabar.

Bagikan konten ini: