BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Bertemu dengan Under Secretary General for the Office of Internal Oversight Services PBB

NEW YORK, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Independent Audit Advisory Committee (IAAC) melakukan pertemuan dengan Under Secretary General for the Office of Internal Oversight Services (OIOS) Fatoumata Ndiaye, di Markas Besar Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat, Jumat (9/7/2021).

OIOS adalah lembaga yang dibentuk untuk membantu Sekretaris Jenderal PBB yang bertugas untuk memastikan tanggung jawab oversight melalui fungsi pemeriksaan internal, monitoring, evaluasi dan investigasi di lingkungan PBB.

Dalam pertemuannya, Wakil Ketua BPK membahas kedudukan dan peranan OIOS dalam membantu Sekretaris Jenderal PBB untuk memastikan kinerja organisasi lebih transparan, akuntabel dan efektif. OIOS memandang hubungan kerja dengan IAAC sangat penting dan strategis. IAAC diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang konstruktif dan menantang serta persetujuan atas kegiatan dan anggaran OIOS.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua BPK juga menanyakan hubungan kerja OIOS yang ideal dengan organisasi lainnya di lingkungan PBB, seperti dengan Department of Management Strategy, Policy and Compliance (DMSPC), UN Board of Auditors (UN BOA) dan Joint-Inspection Unit (JIU).

Menjawab pertanyaan Wakil Ketua BPK, Fatoumata menjelaskan bahwa hubungan dengan unit organisasi tersebut berjalan dengan baik, cukup produktif dan intensif melalui berbagai pertemuan dan koordinasi termasuk dengan IAAC.

Fatoumata lebih lanjut menjelaskan pengukuran kinerja OIOS serta berbagai inisiatif dan tantangan yang dihadapi ketiga divisi di bawahnya, dalam mengemban tugas pemeriksaan internal; inspeksi dan evaluasi serta investigasi. Dengan 270 penugasan setiap tahunnya, OIOS mengelola fungsi oversightnya secara efektif, namun masih memerlukan sumber daya terutama untuk fungsi investigasi yang memiliki keunikan dari sifat penugasannya.

Mengakhiri pertemuan ini, Fatoumata menjelaskan peran OIOS dalam memperkuat "three lines model" sebagai bagian dari inisiatif Sekretariat Jenderal PBB untuk meningkatkan "Accounbility for all" di dalam sistem PBB.

Pertemuan secara fisik dengan USG OIOS merupakan pertemuan yang pertama kali dilakukan dan sekaligus sebagai bagian dari courtessy visit Wakil Ketua IAAC. Dalam pertemuan ini Wakil Ketua BPK didampingi Kepala Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi dan Pengembangan (Kaditama Revbang), B. Dwita Pradana dan Pemeriksa Madya, R. Yudi Ramdan Budiman.

Bagikan konten ini: