BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Hadiri Extraordinary Virtual Meeting of IDI Board

JAKARTA, Humas BPK - Sebagai upaya merespons pandemi COVID-19, INTOSAI Development Initiative (IDI) Board / dewan pengarah IDI menyelenggarakan extraordinary virtual meeting pada Kamis, 18 Juni 2020. Pertemuan ini membahas revisi operational plan 2020 dan rencana anggaran tahun 2021 serta rencana implementasi kegiatan IDI dalam "new normal". Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono sebagai anggota IDI Board hadir dalam pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, anggota IDI Board membahas evaluasi langkah-langkah yang sudah diambil IDI selama pandemi COVID-19 dan revisi operational plan tahun 2020. Hal ini dimaksudkan agar tujuan IDI untuk mendukung Supreme Audit Institutions (SAI) dalam meningkatkan kapasitas dan kinerja mereka tetap berjalan secara berkelanjutan dalam masa "new normal".

IDI sudah mengambil langkah-langkah prioritas dalam menanggai pandemi COVID-19, antara lain dengan penerapan sistem kerja secara online. Lebih lanjut, IDI juga mengeluarkan program unggulan sebagai berikut:

  1. Performance audits on public health systems linked to SDG indicator 3D (Strengthen the capacity of all countries, in particular developing countries, for early warning, risk reduction and management of national and global health risks).
  2. Pilot audits of the so-called shadow pandemic of violence against women. These are audits of government efforts to eliminate intimate partner violence against women linked to SDG 5.2. (Strengthen the capacity of all countries, in particular developing countries, for early warning, risk reduction and management of national and global health risks).
  3. Transparency, accountability and inclusiveness audits (TAI audits) in the use of emergency funding for Covid-19.

Selain hal-hal tersebut, pertemuan ini juga membahas rencana kerja sama IDI/INTOSAI Cooperation dengan International Monetary Fund (IMF) terkait the role of SAIs in auditing emergency fund.

Sebagai anggota IDI Board yang baru ditetapkan pada Maret 2020, Agus Joko Pramono mendapat kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada para anggota IDI Board. Dalam perkenalan tersebut, Agus Joko Pramono menyampaikan komitmen untuk aktif berkontribusi mewujudkan tujuan strategis IDI. Lebih lanjut, Wakil Ketua BPK menyampaikan apresiasi kepada manajemen dan Sekretariat IDI atas proposal new normal yang sudah disusun. Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua BPK juga sangat mendukung pemanfaatan Information, Communication and Technology (ICT) untuk mendukung pelaksanaan online working.

Dengan mulai bergabungnya Wakil Ketua BPK dalam IDI Board, peran BPK di komunitas internasional semakin terbuka. BPK akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mengeksternalisasi pengalaman BPK di komunitas internasional dan meningkatkan peran Indonesia di kancah internasional, dimana IDI mempunyai peran dalam mendorong standar setter bagi komunitas SAI sedunia.

Dalam pertemuan ini, turut hadir Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif, Staf Ahli Bidang Manajemen Risiko Bernadus Dwita Pradana, dan Kepala Biro Humas dan KSI Selvia Vivi Devianti.

Bagikan konten ini: