BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Menjadi Panelis dalam Launching of Equal Futures Audit Initiative, IDI Side Events dalam XXIV INCOSAI Brazil 2022

Humas BPK - Dilatarbelakangi situasi ketimpangan di masyarakat global, khususnya yang terjadi pada kaum marjinal, INTOSAI Development Initiative (IDI) menyusun sebuah inisiatif yaitu Equal Futures Audit (EFA). Inisiatif ini mentransformasi pool of auditors untuk menjadi agen perubahan (EFA Changemakers) untuk menyusun strategi EFA bagi SAI dan memimpin audit EFA.

Memanfaatkan momentum XXIV INCOSAI, IDI meluncurkan inisiatif tersebut dalam side event dengan menyelenggarakan diskusi panel, Kamis (10/11). Diskusi panel ini bertujuan sebagai forum berbagi pengalaman terkait bagaimana berbagai stakeholder dapat berkolaborasi membentuk agen perubahan untuk membantu meningkatkan kemampuan, kesempatan, dan martabat kelompok marjinal atau yang berpotensi marjinal.

Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, menjadi salah satu panelis bersama dengan Jorge Bermudez Soto, Comptroller General of Chile, Silke Steiner dari Sekretariat Jenderal INTOSAI, dan Lisa Sutton dari UN Women.

Dalam sesi tersebut, Wakil Ketua BPK memaparkan tentang kontribusi BPK dalam mendukung equal futures yang dapat disumbangkan kepada rakyat Indonesia melalui audit yang dilakukan BPK. Lebih lanjut, Wakil Ketua BPK juga menyampaikan harapan serta nilai tambah yang akan diperoleh dari inisitif tersebut.

Program EFA sendiri merupakan program jangka panjang yang akan dilaksanakan dari tahun 2022 sampai 2024. Di akhir program, diharapkan akan menghasilkan sekelompok auditor yang akan menjadi agen perubahan di masing-masing SAI.

Bagikan konten ini: