BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Paparkan Pengalaman dan Rencana Pengembangan Kapasitas BPK dalam Audit SDGs di IDI ASEANSAI Webinar

JAKARTA, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono menjadi salah satu panelis dalam Joint Webinar on Strengthening SAI Audits of SDGs Implementation yang diselenggarakan oleh ASEANSAI berkolaborasi dengan INTOSAI Development Initiative (IDI), pada Rabu (09/09/2020).

Dalam kesempatan ini Wakil Ketua BPK memaparkan pengalaman BPK dalam melakukan audit Sustainable Development Goals (SDGs), baik pada tahap preparedness maupun implementasinya. BPK berkontribusi dalam melakukan sharing experiences audit SDGs di berbagai pertemuan internasional seperti IDI, United Nations High-Level Political Forum (UN HLPF), United Nations The Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UN ESCAP) dan pertemuan INTOSAI lainnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua BPK juga menyampaikan rencana capacity building BPK untuk memperkuat pelaksanaan audit implementasi SDGs antara lain dengan berpartisipasi dalam IDI ASOSAI Cooperative audit on 3D, meningkatkan kerjasama internasional dengan aktif dalam berbagai komunitas internasional terkait SDGs dan mendorong pelaksanaan training on SDGs baik untuk BPK maupun untuk komunitas internasional Supreme Audit Institutions (SAI).

"Diharapkan dengan langkah-angkah tersebut, upaya untuk membangun pelaksanaan audit implementasi SDGs di BPK akan berjalan baik dan dapat memberikan impact bagi pemerintah Indonesia. Pada akhirnya, usaha tersebut akan membuka kesempatan bagi BPK untuk semakin berkontribusi di komunitasi internasional sebagai SAI referensi dalam melakukan audit SDGs," papar Wakil Ketua BPK.

Webinar ini dibuka secara resmi oleh Deputy Auditor General Malaysia Khalid Khan Abdullah Khan, sebagai Ketua ASEANSAI KSC. Dalam sambutannya, Khalid Khan Abdullah Khan menyampaikan bahwa Webinar ini merupakan kegiatan kolaborasi pertama antara IDI dan ASEANSAI yang diselenggarakan secara virtual. Selain itu Deputy Director General of INTOSAI Development Initiative (IDI) Archana Shirsat, dalam sambutannya menekankan kerjasama ASEANSAI dan IDI lainnya seperti Cooperative Audit on Financial Audit dan ISSAI Needs Assessment Program on Financial Audit.

Webinar yang dihadiri oleh kurang lebih 140 peserta dari anggota ASEANSAI ini bertujuan untuk meningkatkan awareness ASEANSAI terkait IDI SDGs Audit Model (ISAM) dan sebagai forum untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait pengalaman SAI dalam melakukan audit SDGs.

Bagikan konten ini: