BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Sampaikan Pengalaman BPK dalam Membangun Foresight di BPK pada Virtual IDI Board Meeting

JAKARTA, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono sebagai anggota INTOSAI Development Initiative (IDI) Board menghadiri IDI Board Meeting/Rapat Dewan Pengarah IDI yang diselenggarakan pada Kamis, 17 Juni 2021 secara virtual. Kegiatan ini merupakan additional session bagi IDI Board yang bertujuan untuk membahas tema khusus terkait foresight dengan agenda lain yaitu Updates to Operational Plan and Revised Budget 2021 dan highlight dari Global Stoctacking Report 2020

Dalam presentasinya, IDI memaparkan bahwa terdapat update dalam operational plan dan anggaran tahun 2021. Hal ini disebabkan karena pandemi menyebabkan banyak kegiatan offline support yang dijadwalkan IDI, berubah menjadi online support. Hal ini berpengaruh juga ke anggaran IDI yang sudah disiapkan. Terkait perubahan ini, IDI memastikan bahwa output dari kegiatan IDI tetap tercapai meskipun adanya perubahan metode.

Untuk highlight mengenai Global Stocktacking Report 2020, disampaikan bahwa stocktaking report ini merupakan stocktacking ke-4 yang dikelola oleh IDI dengan mengacu pada hasil INTOSAI Global Survey 2020 dan sampel dari SAI PMF. Hasil lengkap dari survei ini akan diterbitkan pada Agustus 2021.

Lebih lanjut, dalam sesi diskusi mengenai foresight, Wakil Ketua BPK menyampaikan pengalaman BPK dalam membangun foresight BPK yang terdiri dari tujuh (7) langkah. Langkah dimaksud yaitu: (1) Defining focal question; (2) Identifying driving forces; (3) Determining critical uncertainties; (4) Developing Scenario Frameworks; (5) Writing scenario stories; (6) Defining implications and options; dan (7) Identifying indicators & signposts.

Untuk IDI Board Meeting selanjutnya diputuskan akan dilaksanakan pada 25 November 2021. Dalam pertemuan ini, turut hadir Kepala Direktorat Utama Revbang PKN Bernadus Dwita Pradana, Subdirektorat Evaluasi dan Pelaporan Pemeriksaan Kinerja, Sulung Setyo Amboro dan Kepala Subbagian INTOSAI, ASOSAI, dan ASEANSAI Ami Rahmawati.

Bagikan konten ini: