BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Terpilih sebagai Board Member INTOSAI Development Initiative (IDI) Periode 2020 – 2023

JAKARTA, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono ditunjuk sebagai board member IDI, periode1 April 2020 - 31 Maret 2023 dengan merujuk pada surat dari Auditor General of Norway, yang sekaligus menjabat Ketua IDI board.

Proses pemilihannya ditangani oleh komite khusus di IDI yaitu Nomination and Remuneration Committee dan berdasarkan proses internal terhadap personal capacity dan rekam jejak kandidat di komunitas internasional. Berdasarkan proses tersebut, Wakil Ketua BPK dinilai capable dan dapat diandalkan untuk mewakili region Asia dan menyuarakan kebutuhan pengembangan SAI di Asia dengan melihat peran aktif beliau di komunitas SAI di kawasan Asia Pasifik selama ini.

Penetapan Wakil Ketua BPK sebagai IDI board member tersebut diambil dalam Pertemuan Virtual Board Member IDI pada 24 Maret 2020. Penunjukan ini sesuai dengan IDI Statutes dan IDI Rules and Procedures. Sebagai board member IDI, Wakil Ketua BPK memiliki peran strategis dalam menentukan arah kebijakan IDI sebagai organ INTOSAI yang bergerak dalam mendukung peningkatan kapasitas SAI anggota INTOSAI.

INTOSAI Development Initiative (IDI), berbasis di Norway, merupakan organ dari INTOSAI (International Organization of Supreme Audit Institution) atau organisasi BPK se-dunia yang memiliki peran untuk mendorong peningkatan kapasitas SAI terutama di negara-negara berkembang. Board Member IDI beranggotakan 10 high level official perwakilan SAI di INTOSAI yang mempertimbangkan keterwakilan masing-masing region.

Anggotanya terdiri dari Per-Kristian Foss, Auditor General Norwegia; Vitor Manuel da Silva Caldeira, President Court of Auditors of Portugal; Lara Taylor Pearce, Auditor General Republic Sierra Leone; Pamela Monroe Ellis, Auditor General Jamaika, Margit Kraker; President the Austrian Court of Audit, Thembekile Makwetu; Auditor General South Africa, Helena Lindberg; Auditor General Swedia, Ase Kristin Berglihn Hemsen; Director General Financial and Compliance Audit Department of the Auditor General of Norway; dan K Kristin Amundsen, Deputy Director General of the Performance Audit Department, Office of the Auditor General of Norway.

Dengan terpilihnya wakil ketua BPK sebagai Board Member IDI, akan memberikan banyak manfaat bagi BPK. Posisi yang strategis ini akan membuka kesempatan yang luas bagi BPK untuk mengeksternalisasi best practice BPK ke komunitas SAI internasional. Selain itu, diharapkan BPK juga dapat mengimplementasikan best practice internasional yang sesuai dalam praktek audit di BPK sehingga audit BPK akan sejalan dengan standar audit internasional. Dengan demikian, kedepannya, diharapkan BPK akan menjadi pusat referensi internasional audit bagi SAI lain.

Bagikan konten ini: