BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Terpilih Sebagai Wakil Ketua UN IAAC

JAKARTA, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agus Joko Pramono, sebagai Anggota The Independent Audit Advisory Committee of the United Nations (IAAC) menghadiri pertemuan IAAC pada tanggal 8 - 11 Desember 2020 secara virtual.

Pertemuan IAAC yang berlangsung selama empat hari ini digelar dengan menghadirkan dua agenda yaitu 5th Meeting of the United Nation System Oversight Committees yang diselenggarakan pada 8 - 9 Desember 2020 dan dilanjutkan agenda kedua 52nd Independent Audit Advisory Committee pada tanggal 10 - 11 Desember 2020.

Pada agenda pertama, secara resmi pertemuan dibuka oleh Chef de Cabinet, mewakili Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hadir dalam pertemuan ini perwakilan dari 22 badan-badan PBB dengan diikuti oleh 49 peserta. Pertemuan ini merupakan pertemuan tahunan yang dihadiri seluruh komite pengawasan PBB, yang diselenggarakan oleh IAAC.

Former US Comptroller General dan juga sebagai First Chair of IAAC David Walker menyampaikan perspektifnya tentang The future and role of Oversight/audit committees in view of the emerging global trends, including COVID. Pada sesi diskusi, pertemuan diisi dengan berbagi pengalaman dan informasi terkini tekait best practice dan lesson learned yang dilakukan di dalam Badan-badan PBB.

Agenda kedua dalam pertemuan inicdipimpin oleh Ketua IAAC, Janet St. Laurent serta dihadiri oleh seluruh anggota IAAC yaitu Richard Quartei Quartey sebagai Vice-Chair, dan anggota yang lainnya Agus Joko Pramono, Dorothy Bradley, dan Anton Kosyanenko.

Pertemuan ini membahas perkembangan terkini atas status tindak lanjut rekomendasi dari lembaga pengawasan di lingkungan PBB, khususnya Board of Auditors (BoA) dan Joint Inspection Units (JIU), status posisi manajemen yang belum terisi, penggunaan anggaran peace keeping dan perencanaan tahun 2021, dan status implementasi UMOJA.

Pada agenda kedua pertemuan ini kembali memilih Janet St. Laurent sebagai Ketua IAAC dan memilih Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, sebagai Wakil Ketua IAAC untuk periode mulai dari 1 Januari 2021.

Peran Wakil Ketua BPK ini mempertegas komitmen BPK dalam berkontribusi dalam upaya mendukung optimalisasi kebijakan luar negeri Indonesia serta untuk meningkatkan citra Indonesia di tingkat internasional

Bagikan konten ini: